Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengusir Bau di Gelora Bung Tomo Menyongsong Laga AFC Terus Dilakukan

Harapannya kawasan Stadion Gelora Bung Tomo sudah tidak berbau sampah menjelang perebutan Piala AFC U-20.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 September 2022  |  17:27 WIB
Mengusir Bau di Gelora Bung Tomo Menyongsong Laga AFC Terus Dilakukan
Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Benowo lokasinya berdekatan dengan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. - Antara/Diskominfo Surabaya.
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur mengupayakan Stadion Gelora Bung Tomo tidak berbau sampah menjelang pelaksanaan laga kualifikasi Piala AFC U-20 Tahun 2023, yang dijadwalkan berlangsung 14 sampai 18 September 2022.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro di Surabaya, Sabtu (3/9/2022), pemerintah kota menerapkan beberapa metode penanganan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Benowo yang berdekatan dengan Gelora Bung Tomo (GBT) supaya stadion tidak lagi berbau sampah.

"Jadi, komitmennya tidak bau untuk GBT. Untuk di TPA bukan diusahakan lagi, tapi harus hilang baunya terutama pada saat pertandingan AFC U-20," kata Hebi.

Ia menjelaskan bahwa penghilangan bau sampah antara lain dilakukan dengan penyemprotan mikroorganisme EM6 pada sampah di TPA.

"Kemudian ada penutupan membran dan sekarang sudah 100 persen. Itu yang sudah kami lakukan," kata Hebi mengenai proses penutupan area TPA Benowo menggunakan geomembrane untuk mengurangi bau sampah.

Selain itu, ia mengatakan, pemerintah kota mulai membangun zona penyangga TPA Benowo.

"Ini masih kami kerjakan. Kalau buffer zone (zona penyangga) itu harus sampai 500 meter (radiusnya), ini baru satu shaft. Kalau buffer zone memang terkait tanaman, mungkin akan tampak setelah dua tahun setelah ditanam," kata dia.

Dengan upaya-upaya tersebut, Hebi mengatakan, harapannya kawasan Stadion Gelora Bung Tomo sudah tidak berbau sampah menjelang perebutan Piala AFC U-20.

"Sudah ada jaminan itu, dan juga pengelola dari TPA benowo bersurat ke kami bahwa mereka menjamin selama pelaksanaan AFC U-20 berlangsung juga tidak bau," katanya.

Stadion Gelora Bung Tomo akan menjadi tempat pertandingan Grup F yang meliputi tim nasional Indonesia, Hong Kong, Vietnam, dan Timor Leste dalam Kualifikasi Piala AFC U-20 Tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya piala afc jatim

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top