Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GIIAS 2022 Surabaya Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Otomotif adalah industri lokomotif yang menarik banyak gerbong ekonomi, mulai dari industri komponen atau sparepart, leasing/finance atau pembiyaan kredit.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi (kedua kiri) saat konferensi pers GIIAS Surabaya 2022 di Surabaya, Rabu (31/8/2022)./Bisnis - Syaharuddin Umngelo.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi (kedua kiri) saat konferensi pers GIIAS Surabaya 2022 di Surabaya, Rabu (31/8/2022)./Bisnis - Syaharuddin Umngelo.

Bisnis.com, SURABAYA - Gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Surabaya diyakini akan ikut memacu pertumbuhan ekonomi Jatim seperti yang terjadi pada GIIAS 2022 di Jakarta.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan industri otomotif saat ini sudah kembali bangkit, bahkan sejak tahun lalu. Hal ini dapat dilihat dari tren penjualan otomotif nasional, termasuk dalam ajang pameran GIIAS yang rutin digelar setiap tahun.

“Berkaca dari GIIAS 2022 di Jakarta pada 11 - 21 Agustus lalu, penjualan otomotif berhasil mencapai 26.000 unit Kendaraan dengan nilai Rp11,6 triliun, dan dengan jumlah total pengunjung mencapai 385.000 orang,” ujarnya dalam konferensi pers GIIAS Surabaya 2022, Rabu (31/8/2022).

Dia mengatakan capaian penjualan tersebut telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi mengingat otomotif adalah industri lokomotif yang menarik banyak gerbong ekonomi, mulai dari industri komponen atau sparepart, leasing/finance atau pembiyaan kredit, asuransi hingga layanan aftersales.

“Kami sudah diskusi dengan Kemenperin, bahwa industri otomotif Indonesia digadang-gadang untuk menjadi pahlawan devisa, yang intinya adalah kita harus menekan impor dan memperkuat ekspor produk otomotif,” ujarnya.

Yohannes meyakini dengan adanya pameran seperti GIIAS ini akan menumbuhkan minat masyarakat Indonesia, khususnya Jatim untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2022, Rizwan Alamsjah mengatakan pada gelaran GIIAS 2022 di Surabaya ini nantinya akan ada 13 brand mobil, dan 3 brand sepeda motor, termasuk ada porsi untuk teknologi kendaraan listrik.

“Di Surabaya nanti GIIAS akan memamerkan dan menjelaskan seluas-luasnya apa yang dimaksud dengan teknologi listrik yang ke depan akan menjadi tren di Indonesia mengingat ada isu kenaikan harga BBM. Pengunjung juga bisa mencoba merasakannya,” katanya.

Rizwan menambahkan, harga tiket masuk area pameran GIIAS 2022 Surabaya yang akan digelar di Grand City Convex Surabaya pada 14 - 18 September 2022 ini dijual seharga Rp20.000 untuk weekday, dan Rp30.000 untuk weekend.

“GIIAS Surabaya nanti juga akan banyak promo seperti cashback hingga Rp2 juta - Rp5 juta untuk pembelian motor/mobil melalui aplikasi Auto360,” imbuhnya.

Project Director Astra Financial, Tan Chian Hok menambahkan, Astra Financial selaku sponsor gelaran GIIAS 2022 ini meyakini kinerja pembiyaan sektor otomotif dapat terdongkrak melalui gelaran pameran GIIAS Surabaya.

“Jatim sendiri merupakan daerah penyumbang penjualan otomotif terbesar kedua setelah Jakarta, dan menyumbang 12 persen dari nasional. Kami optimistis pembiyaan otomotif di Jatim akan tumbuh positif, karena sebanyak 70 persen penjualan otomotif itu dilakukan secara kredit,” ujarnya.

Dia menambahkan, seperti halnya gelaran di Jakarta, Astra Financial mencatat nilai pembiyaan selama 11 hari gelaran GIIAS 2022 di Jakarta mencapai Rp1,55 triliun melebihi target Rp1,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper