Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keyakinan Konsumen di Malang Menguat pada Februari

Indikasi keyakinan konsumen yang mulai meningkat itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mengalami peningkatan.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  21:02 WIB
Pejalan kaki melintas di depan patung Tiga Singa di Taman Trunojoyo, Malang, Jawa Timur. - Antara/Ari Bowo Sucipto
Pejalan kaki melintas di depan patung Tiga Singa di Taman Trunojoyo, Malang, Jawa Timur. - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, MALANG — Survei Konsumen Bank Indonesia Malang menunjukkan keyakinan konsumen di Kota Malang mulai meningkat pada Februari.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia mengatakan indikasi keyakinan konsumen yang mulai meningkat itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mengalami peningkatan.

“IKK pada bulan Februari tercatat sebesar 80,17 atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu sebesar 80,08,” katanya di Malang, Rabu (24/2/2021).

Penguatan IKK berasal dari meningkatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE).Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar 52,00 lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 49,67.

Peningkatan IKE, kata dia, dipengaruhi oleh pembelian durable goods, ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan saat ini. Meningkatnya pembelian durable goods atau konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama mengindikasikan bahwa kegiatan ekonomi di masyarakat mulai membaik.

Disamping itu, responden Survei Konsumen pada bulan Februari di kota Malang juga mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan ketersediaan lapangan kerja. Hal ini menandakan bahwa proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 sedang berlangsung.

Di sisi lain, ekspektasi konsumen 6 (enam) bulan mendatang yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga tercatat masih di dalam level optimis sebesar 108,33.

Perkembangan tersebut disebabkan oleh perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja, dan penghasilan ke depan yang lebih kuat.(K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia jatim malang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top