Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan QRIS Bank Jatim Merambah Ke Transportasi Bus AKDP

Inovasi-inovasi yang diterapkan dalam pemanfaatan teknologi informasi ini bertujuan untuk memudahkan tata cara pembayaran tiket bus AKDP secara cashless.
Ilustrasi QRIS./Antara-Ahmad Subaidi
Ilustrasi QRIS./Antara-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, SURABAYA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Jatim menyiapkan layanan pembayaran digital tiket bus antar kota dalam Provinsi (AKDP) dengan menggunakan QRIS Bank Jatim.

Direktur TI dan Operasi Bank Jatim, Tonny Prasetyo mengatakan launching penggunaan sistem pembayaran QRIS telah dilakukan di Terminal Anjuk Ladang, Kabupaten Nganjuk oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada 29 September 2021.

“Inovasi-inovasi yang diterapkan dalam pemanfaatan teknologi informasi ini bertujuan untuk memudahkan tata cara pembayaran tiket bus AKDP secara cashless (non tunai), dan ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, sehingga diharapkan bisa memudahkan bagi penumpang, maupun bagi operator bus,” ujarnya dalam rilis, Rabu (29/9/2021).

Dia mengatakan diterapkannya sistem pembayaran non tunai ini menjadi kebutuhan Dinas Perhubungan untuk memudahkan masyarakat dan dapat langsung masuk rekening secara realtime, sehingga lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. 

“Selain efisiensi, pembayaran cashless juga dapat mempermudah penumpang dalam membeli tiket serta meminimalisir beredarnya uang tunai,” imbuhnya.

Menurutnya, transaksi pembayaran tiket bus secara non tunai diyakini akan membawa berbagai keuntungan seperti meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, menekan kebocoran pendapatan, terintegrasi dengan sistem Smart City, sebagai salah satu indikator parameter pengukuran potensi pendapatan retribusi, dan melindungi masyarakat dari tarif yang tidak sesuai dengan Perda.

“Ini sekaligus untuk meningkatkan pelayanan dan perbaikan infrastruktur bagi pengguna jasa angkutan umum bus AKDP, dan sosialisasi penggunaan QRIS,” imbuh Tonny.

Tonny menambahkan, melalui produk ayanan digital, Bank Jatim ingin memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. 

“Dengan memanfaatkan layanan e-channel Bank Jatim seperti JConnect mobile banking dan JConnect internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper