Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasien Sembuh di RS Darurat Jatim Meningkat, Tembus 1.022 Orang

RS Darurat Lapangan ini telah merawat 1.090 orang pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  06:10 WIB
Seniman ludruk Meimura (kanan) mengenakan busana Tari Remo saat aksi blusukan di Pasar Menur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/8/2020). Aksi tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan cuci tangan saat beraktivitas di pasar guna mencegah potensi penyebaran Covid-19. - Antara/Moch Asim
Seniman ludruk Meimura (kanan) mengenakan busana Tari Remo saat aksi blusukan di Pasar Menur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/8/2020). Aksi tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan cuci tangan saat beraktivitas di pasar guna mencegah potensi penyebaran Covid-19. - Antara/Moch Asim

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyebut jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RS Darurat Lapangan Indrapura Surabaya terus mengalami kesembuhan yang hingga kini tercatat mencapai 1.022 orang.

Sejak beroperasi pada 25 Mei 2020 dan diresmikan oleh Kepala Gugus Tugas Pusat Letjend. TNI Doni Monardo bersama Menkes RI Terawan Agus Putranto pada 3 Juni 2020 lalu, RS Darurat Lapangan ini telah merawat 1.090 orang pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang.

Dari jumlah total pasien yang dirawat tersebut, per 4 Agustus 2020 tercatat sebanyak 1.022 orang telah dinyatakan sembuh atau terkonfirmasi negatif. Sedangkan sisanya sebanyak 68 orang masih dalam perawatan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan melihat data tersebut berarti tingkat kesembuhan pasien yang dirawat di RS Darurat cukup tinggi, bahkan tidak tercatat ada kasus meninggal.

“Data ini adalah bukti bahwa kita secara konsisten bekerja keras untuk mendeteksi kasus dan menyembuhkan pasien sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya. Ini juga jadi bukti bahwa semua pihak bekerja mulai tenaga kesehatam, Polri, TNI dan relawan,” jelasnya dalam rilis, Rabu (5/8/2020).

Menurut Khofifah, kualitas layanan di RS Darurat Lapangan Indrapura ini sudah sangat bagus, bahkan seringkali mendapatkan pujian dari para alumninya alias pasien yang pernah dirawat di tempat tersebut.

Seperti warga bernama Mirra Soejoso melalui twitternya @mirrasoejoso yang sempat viral dan di retweet ratusan kali oleh netizen. Mira menceritakan kisahnya saat dirawat dan bisa sembuh hanya dalam 3 hari ketika dirawat di RS Darurat Indrapura.

Selama perawatan, dia diajak untuk membangun pikiran yang positif. Setiap pagi, dokter dan perawat yang ramah selalu datang untuk cek suhu dan tensi rutin, sekaligus diukur tingkat kecemasannya, termasuk diajak untuk berjemur dan senam bersama.

Untuk makanan dan minuman, menu yang diberikan selalu berprotein dan bergizi tinggi. Di RS ini juga terdapat coffee shop dengan layanan self service. Pasien juga diperbolehkan pesan makanan, minuman bahkan belanjaan online, yang nanti akan dibantu petugas RS untuk mengambilkan pesanan di pintu gerbang.

Adapun dengan bertambahnya pasien sembuh di RS tersebut, juga bisa turut meningkatkan case recovery rate Covid-19 Jatim. Tercatat, jumlah pasien sembuh di Jatim sejak awal kasus hingga 4 Agustus 2020 telah mencapai 15.877 atau 67,81 persen dari pasien yang terkonfirmasi positif 23.412 orang. Sedangkan pasien yang masih dirawat saat ini tersisa 5.754 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top