Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DBD di Kota Malang tembus 231 kasus pada triwulan I/2024

Angka penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kota Malang tembus 231 kasus pada triwulan I/2024 dan trennya terus meningkat.
Kegiatan pengasapan di Bululawang, Kab. Malang/Istimewa
Kegiatan pengasapan di Bululawang, Kab. Malang/Istimewa

Bisnis.com, MALANG - Angka penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kota Malang tembus 231 kasus pada triwulan I/2024 dan trennya terus meningkat sehingga perlu ada Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara intensif di kelurahan-kelurahan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang, Umar Usman, mengatakan jumlah penderita meningkat menjadi 236 kasus sampai awal April. Sedangkan penderita DBD pada 2023 sebanyak 462 kasus.

“Warga yang meninggal dunia akibat DBD pada Februari 2024 dari Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru,” katanya,  Kamis (25/4/2024)..

Puskesmas sudah melakukan upaya promotif, preventif dan kuratif. Umar mengimbau masyarakat getol melakukan PSN dengan cara 3M, yakni menguras, mengubur dan menutup selain pemberian abate pada genangan air.

“Pemberian abate dan fogging sesuai indikasi sudah dilakukan,” ujarnya, 

Di Kota Malang, PSN merambah seluruh kelurahan karena DBD membuat seorang warga meninggal dunia

“Kami rutin kerja bakti, turun bersama puskesmas untuk sosialisasi,” tutur Lurah Pisangcandi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Andi Hamzah.

Gerakan PSN juga dilakukan warga Kab. Malang. Masyarakat melakukan pencegahan secara mandiri melalui fogging atau pengasapan.

Seperti relawan pemuda Desa Pringu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, berinisiatif melakukan pengasapan secara mandiri pada 19-24 April 2024.

Relawan yang terdiri atas beberapa Pemuda Masjid Nurul Huda Al Jailani berkoordinasi dengan bidan desa. Lalu, mereka iuran mandiri untuk membeli alat fogging portable beserta obatnya.

Kegiatan itu merespons keluhan warga yang khawatir DBD semakin merebak karena sudah ada 10 penderita sejak Maret-April.

“Kami ada beberapa tim yang bergerak di lapangan,” tegas Koordinator Pemuda Desa Pringu Sujatmiko.

Fogging selain menyasar rumah warga juga merambah sekolahan, musala dan fasilitas umum seperti pasar rakyat di Desa Pringu. Sujatmiko berharap upaya ini ditindaklanjuti pemerintah desa agar pencegahan DBD lebih masif melalui kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper