Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelantikan Rektor UMM, Prof. Nazaruddin Komitmen Ciptakan SDM Unggul

Prof. Nazaruddin Malik resmi mengemban tugas menjadi Rektor UMM Periode 2024-2028.
Rektor UMM, Prof. Nazaruddin, saat menyampaikan pidato iftitahnya sebagai Rektor UMM, di Malang, Senin (12/2/2024)./Istimewa
Rektor UMM, Prof. Nazaruddin, saat menyampaikan pidato iftitahnya sebagai Rektor UMM, di Malang, Senin (12/2/2024)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Prof Nazaruddin berkomitmen untuk dapat meningkatkan SDM unggul lewat berbagai program Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) setelah dirimya dilantik sebagai rektor perguruan tinggi swasta milik Muhammadiyah tersebut.

Prof. Nazaruddin Malik, yang resmi mengemban tugas menjadi Rektor UMM Periode 2024-2028 menegaskan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) merupakan wadah strategis yang berperan progresif untuk meningkatkan sumber daya insani.

“Menciptakan seorang ulul albab (manusia cerdas) untuk melahirkan khairu ummah (umat terbaik) seperti yang digaungkan oleh Nabi Muhammad. Lewat UMM, kita optimis untuk melahirkan generasi-generasi unggul untuk menghadapi tantangan global yang dinamis dan tentu tidak meninggalkan nilai-nilai keislaman,” ungkapnya dalam pelantikannya sebagai Rektor UMM.

Dia dilantik oleh Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Achmad Nurmandi, di Malang, Senin (12/2024). Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua PP Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir, serta Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMM Prof. Muhadjir Effendy.

Nazar dalam pidato iftitahnya sebagai Rektor UMM,  juga menyinggung salah satu hadits yang memiliki arti sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. 

Menurutnya, itu tidak hanya urusan personal saja, namun juga menjadi tugas UMM sebagai instansi pendidikan. Tanpa disadari, UMM sudah menerapkan hal itu melalui Center of Excellence (CoE) dan berbagi program pengembangan mahasiswa. Apalagi mengingat bahwa anak muda adalah aset Muhammadiyah sekaligus aset bangsa.

Student today leader tomorrow menjadi semboyan kita. SDM Insani ini harus terus kita kembangkan. Bukan hanya tugas personal saja, tapi juga tugas kita bersama. Lewat UMM kita sudah melakukan itu dan budaya itu pula yang sudah dilakukan oleh para pendahulu sebelum kita. Maka hal-hal ini harus kita rawat dan dikembangkan,” tegasnya.

Rektor UMM Periode 2020-2024 Prof.  Fauzan, menegaskan sudah banyak sekali program rintisan yang dilahirkan oleh UMM. Seperti misalnya CoE, Center for Future Works (CFW) hingga Profesor Penggerak Pembangunan Masyarakat (P3M). 

Dia berharap, program-program tersebut nantinya tetap dimassifkan dan dikembangkan lebih jauh lagi.

“CoE kita ini sudah bekerja sama dengan 189 perusahaan dan instansi dalam negeri, ada juga P3M yang itu juga dilirik oleh banyak dinas dan berbagai kepala daerah di Indonesia. Membuat program itu tidak boleh ngasal. Harus benar-benar ada manfaat yang dapat dirasakan masyarakat dan bangsa,” jelasnya.

Ketua PP Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir,  mengapresiasi UMM dan memberikan predikat bahwa Kampus Putih merupakan PTMA yang terdepan dan mampu memberikan inovasi rintisan terbarukan. Hal itulah yang itu menjadikan UMM sebagai role model di PTMA se-Indonesia. Hal itu tak lepas dari prestasi UMM yang sangat banyak, mulai dari Akreditasi yang unggul serta memiliki terobosan yang benar-benar dibutuhkan oleh banyak pihak.

Dia berpesan kepada Rektor UMM yang baru serta seluruh PTMA se-Indonesia untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas. PTMA harus menjadi dapur pemikiran dan pusat riset serta dapat memberikan perspektif baru perihal keummatan secara global serta kebangsaan dan kemanusiaan. Selain itu juga untuk tidak pernah merasa sungkan kepada para pendahulu (senior) untuk melakukan berbagai pengembangan di berbagai sektor.

“Pak Nazar dan para pimpinan yang lain tidak perlu sungkan sama senior, ambil pelajaran dan ilmunya. Saya juga demikian, di atas saya masih banyak senior. Kalau masih ada sungkan itu biasanya agak ragu membuat terobosan pengembangan. Maka UMM harus mampi melanjutkan yang baik dan mengenbangkan terobosan-terobosan baru,” ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper