Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prof. Nazaruddin Ditetapkan Jadi Rektor UMM Periode 2024-2028

Prof Nazaruddin Malik ditetapkan menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Periode 2024-2028.
Prof. Nazaruddin Malik, Rektor UMM Periode 2024-2028./Istimewa
Prof. Nazaruddin Malik, Rektor UMM Periode 2024-2028./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Prof Nazaruddin Malik ditetapkan menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Periode 2024-2028 oleh PP Muhammadiyah lewat SK pengangkatan Nomor 7/KEP/I.0/2024.

Nazaruddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran civitas akademika UMM, Senat Universitas, Badan Pembina Harian (BPH), dan PWM Jawa Timur atas terselenggaranya proses pemilihan rektor yang lancar dan elegan. Demikian juga kepada PP Muhammadiyah melalui ketua umum dan jajaran PP Muhammadiyah lainnya.

“Semoga saya selalu diberikan kesehatan dan kekuatan menjalankan amanah yang sangat besar ini. Mohon doa dan dukungan kerja kolektif dari seluruh elemen yang ada di kampus. Seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa untuk bisa saling bahu membahu menuju UMM yang lebih baik,” katanya, Kamis (1/2/2024).

Menurutnya, kebesaran kampus UMM tak lepas dari kepemimpinan para pendahulu yang sudah bekerja ikhlas dan keras. Maka, berbagai program yang baik akan dilanjutkan dengan sentuhan inovasi baru agar UMM semakin besar dan berkembang. 

Sebelumnya, UMM telah melakukan berbagai proses dalam upaya pemilihan rektor. Diawali dengan pemilihan dan penetapan organ senat UMM. Kemudian dilanjutkan pembentukan panitia pemilihan rektor periode 2024-2028. 

Langkah selanjutnya yakni sosialisasi dan penjaringan di tiap-tiap fakultas yang memunculkan nama-nama calon kandidat. Dari situ muncul nama-nama yang bisa dijaring oleh masing-masing fakultas. Ada lebih dari 14 calon nama yang terjaring.

Verifikasi calon kandidat juga dilakukan untuk memastikan semua calon telah memenuhi berbagai syarat. Kemudian para senat melakukan pertimbangan, pemilihan, serta penetapan calon rektor Kampus Putih. Berdasarkan data hasil penjaringan, Nazar, sapaan akrab Nazaruddin Malik, mendapatkan jumlah pengusul mayoritas, yakni diusulkan oleh 11 fakultas. Sementara nama-nama di posisi dua dan tiga, masing-masing hanya mendapatkan tiga dan dua pengusul. 

Dari hasil itu, para senat dan peserta setuju serta akhirnya menetapkan Nazar untuk diusulkan ke PP Muhammadiyah menjadi rektor UMM yang terpilih secara aklamasi.  

Sambil menunggu seremonial pelantikan oleh Ketum PP Muhammadiyah, Prof. Nazarudin Malik sudah resmi menjadi rektor yang dapat menjalankan roda kepemimpinan UMM untuk 4 tahun mendatang.

“Iya benar. Sudah ada surat keputusan resmi terkait pengangkatan rektor UMM. SK-nya juga sudah sah ditandatangani ketum dan sekum PP Muhammadiyah. Semoga Prof. Nazaruddin dapat membawa manfaat yang semakin baik bagi kemajuan UMM dan masyarakat luas,”ujar Moh. Isnaini, Kepala Humas UMM. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper