Membedah Pidato Erick Thohir Soal Transformasi BUMN dan Kebangkitan Ekonomi

Eternitas tranformasi BUMN menjadi salah satu kunci kebangkitan ekonomi Indonesia baru.
Menteri BUMN, Erick Thohir (kanan), menerima gelar Doktor Honoris Causa yang disampaikan Sekretaris Senat Akademik UB, Prof Iwan Triyuwono, disaksikan Rektor UB, Prof Widodo, di Malang, Jumat (3/3/2023). Istimewa
Menteri BUMN, Erick Thohir (kanan), menerima gelar Doktor Honoris Causa yang disampaikan Sekretaris Senat Akademik UB, Prof Iwan Triyuwono, disaksikan Rektor UB, Prof Widodo, di Malang, Jumat (3/3/2023). Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Eternitas tranformasi BUMN menjadi salah satu kunci kebangkitan ekonomi Indonesia baru.

Demikian disampaikan Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam orasi ilmiahnya saat menerima penganugerahan Doktor Honoris Causa bidang Manajemen Strategis pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur (Jatim), Jumat (3/3/2023).

“Eternitas berarti kelanggengan atau sesuatu yang bersifat abadi. Sementara transformasi adalah perubahan rupa, bentuk, sifat, atau pun fungsi, dengan cara menambah, mengurangi, atau menata kembali unsur-unsurnya,” ujarnya. 

Erick mengatakan, eternitas transformasi BUMN bermakna transformasi BUMN, kapan pun, oleh siapa pun, dan bagaimana pun, harus kembali kepada hakikat BUMN yang diamanatkan oleh konstitusi UUD 1945.

Menurut dia, kelanggengan BUMN adalah kelanggengan negara. Melalui BUMN, negara menjalankan mandat konstitusionalnya mengelola cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Oleh karena itulah, BUMN menjadi benteng sekaligus sebagai lokomotif ekonomi nasional.

"Strategi eternitas transformasi BUMN harus mampu menjadikan BUMN sebagai pelaku bisnis berkelas dunia, yang memiliki penguasaan, jangkauan bisnis, dan pengelolaan yang melampaui batas-batas negara Indonesia, menjadi bagian penting dari ekspansi kepentingan nasional dalam era globalisasi,” katanya.

Sebagai menteri, dia mengatakan, kebijakan yang digulirkan tentu haruslah menjadi kebijakan yang beyond globalization, yaitu globalisasi ala Indonesia. BUMN memiliki peran penting namun perlu untuk bertransformasi. 

Dia menyebut sumber daya alam dan manusia Indonesia, infrastruktur bisnis serta portofolio usaha yang sudah berusia puluhan, bahkan ada yang ratusan tahun, harusnya bisa menyelaraskan diri menari bersama globalisasi dunia.

"Dari sini kita masuk kepada pertanyaan menarik, apa strategi BUMN dalam meletakkan kepentingan Indonesia di tengah globalisasi? Inilah yang saya kemukakan sebagai sebuah eternitas transformasi BUMN," lanjut dia.

Transformasi harus terus dilakukan karena dinamika perubahan dan tantangan akan terus bergulir. eternitas transformasi  atau transformasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB,  Abdul Ghofar, menyampaikan proses penganugerahan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa kepada Erick Thohir telah melalui tahapan akademik yang ketat dan berjenjang selama 1,5 tahun. Erick memiliki pemikiran yang out of the box dan melintasi berbagai disiplin ilmu.

"Pak Erick bagi kami adalah figur perubahan transformasi yang terus bergerak terus dalam berbagai keadaan meskipun sulit sekali pun," ujarnya.

Ghofar berharap orasi ilmiah Erick bisa menjadi bahan akademik untuk riset kampus. UB akan selalu terkoneksi dengan sumber di dalam dan luar kampus. 

Ketua Pelaksana Kegiatan, Hendi Subandi, menyampaikan penganugerahan ini sudah melalui tahapan sesuai regulasi dan telah disetujui Senat Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) maupun universitas. UB mengapresiasi kontribusi Erick pada bidang manajemen strategi melalui implementasi strategi transformasi bisnis di BUMN.

"Erick Thohir secara aktivitas akademik telah membuktikan dedikasinya dengan aktif berkontribusi dalam penyemaian ilmu pengetahuan melalui forum-forum akademik di dalam dan luar negeri," ujarnya.

Dia menegaskan, kepemimpinan Erick dalam mendorong BUMN membantu negara dan masyarakat saat pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional juga menjadi faktor penting yang tidak bisa dikesampingkan. 

Erick, kata Hendi, juga memiliki keberpihakan terhadap sektor pendidikan dengan menjadikan pendidikan sebagai satu dari tiga fokus utama program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN. Hal ini terlihat dalam peningkatan bantuan untuk pembangunan sarana dan prasarana, beasiswa, dan tenaga pendidik. 

"Keberpihakan pada perempuan dan generasi muda juga terbukti lewat komposisi manajemen di BUMN.  Erick juga memiliki rekam jejak mumpuni dalam merepresentasikan wajah Indonesia di kancah internasional,” katanya

Erick berterima kasih atas apresiasi dari UB. Pria kelahiran Jakarta itu menilai pencapaian positif BUMN, baik dari sisi kinerja maupun dampak sosial kepada masyarakat merupakan kerja keras seluruh tim dari Kementerian BUMN dan para insan BUMN.

Kolaborasi, dia nilai, menjadi kata kunci. BUMN pun tidak bisa menjadi menara gading tanpa melibatkan dukungan swasta, UMKM, dan juga masyarakat.

"Penghargaan saya setinggi-tingginya kepada Universitas Brawijaya, terkhusus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, atas kemuliaan dan kehormatan yang dianugerahkan kepada saya hari ini," ujar Erick.

Erick menilai gelar ini bukan tanggung jawab yang ringan, namun ia meyakini hal ini akan menjadi cerita baik yang berharga untuk generasi muda Indonesia di masa yang akan datang. Setiap pekerjaan adalah amanah dari Allah SWT.  

"Seperti ajaran Ibu saya. Laksanakan dengan sebaik-baiknya, jangan mengeluh, terimalah segala kesulitan sebagai anugerah. Itu yang saya terus bawa kemana pun saya melangkah. Persoalan tidak membuat saya lari, begitu pula kesulitan saya anggap sebagai cara Allah SWT mengajari saya," katanya.(K24) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper