Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gelaran Java Coffee Culture 2022 Bakal Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Kopi komoditas penting yang potensial dikembangkan hulu sampai hilirnya dari produksi, teknologi, inovasinya, hingga pemasarannya, untuk domestik maupun ekspor.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 23 November 2022  |  20:17 WIB
Gelaran Java Coffee Culture 2022 Bakal Pacu Pertumbuhan Ekonomi
Kepala Perwakilan Bank Indonesia - Jatim, Budi Hanoto (kiri) dan Deputi Direktur BI Jatim Dadal Angkoro (kanan) saat memaparkan rencana gelaran Java Coffee Culture (JCC) 2022 kepada media di Surabaya, Rabu (23/11/2022). - Bisnis / Peni Widarti
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur berencana menggelar event Java Coffee Culture (JCC) 2022 bertajuk Beyond a Cup of Coffee pada 26 - 27 November 2022 di Tunjungan Plaza Surabaya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia - Jatim, Budi Hanoto mengatakan event JCC ini merupakan inisiasi BI untuk mencari sumber pertumbuhan baru di saat situasi ekonomi kurang menguntungkan terutama tahun depan yang diprediksi krisis.

“Kopi merupakan salah satu komoditas penting di Jawa, khususnya Jatim yang punya potensi besar untuk dikembangkan dari hulu sampai hilirnya dari produksinya, teknologinya, inovasinya, hingga pemasarannya, baik untuk di pasar domestik melalui kerja sama antar daerah maupun ekspor,” katanya dalam Media Briefing JCC, Rabu (23/11/2022).

Dia mengatakan JCC ini juga untuk memperkuat peran komoditas kopi Jawa sebagai komoditas unggulan yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif berkelanjutan secara end to end, dan sekaligus menjadi ajang untuk mengenalkan kopi-kopi Jawa kepada pasar-pasar potensial, termasuk untuk pasar ekspor dengan mengundang sejumlah konsulat jenderal yang ada di Surabaya.

“Dengan adanya event ini, siapa tahu pelaku usaha kopi bertemu dengan buyer melalui konjen-konjen. Untuk saat ini potensi ekspor kopi yang bisa terus dikembangkan adalah negara-negara di Eropa, Italia, Skandinavia dan Irlandia karena mereka senang kopi, termasuk tetangga dekat yakni Malaysia,” ujarnya.

Adapun ekspor kopi wilayah Jawa sendiri didominasi oleh ekspor dari Jatim dengan pangsa sebesar 84,91 persen. Ada tiga negara mitra utama ekspor kopi di Jawa yakni Mesir, Malaysia, dan Italia.

Sejalan dengan peningkatan ekspor, produksi kopi Jawa juga menunjukkan tren peningkatan pada 2021 yakni dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 0,83 persen. 

Menurut Budi, pengembangan kopi dari sisi hulu tidak saja terpaku pada lokasi atau daerah penanamannya seperti kopi Osing yang ditanam di Banyuwangi. Namun eksplorasi komoditas kopi ke depan didorong untuk lebih pada pengembangan jenis kopinya.

“Seperti jenis Robusta dan Arabika yang memang sudah kita kenal dan sudah ada pasarnya tersendiri, nah sekarang itu pengembangan jenis kopi yang potensial adalah kopi Liberika atau Excelsa yang ternyatannya demannya bagus,” ujarnya.

Adapun gelaran JCC 2022 ini nantinya akan menghadirkan sebanyak 40 UMKM kopi, serta sejumlah mitra kolaborasi seperti Pemkot Surabaya, Puslitkoka, Kadin, Export Center, PTPN IX dan XII, GPEI, GAEKI, Coffelab 5758, komunitas kopi. 

Sejalan dengan tema yang diusung, gelaran JCC ini tidak sekedar mencicipi secangkir kopi tetapi akan menggali filosofi dan nilai luhur sehingga dapat mengangkat lokalitas daerah yang ada serta ritual proses kopi sebagai story telling melalui para narasumber yang disiapkan dalam sesi coffetalk, coffeepreneur, maupun sesi brewing. Ajang ini pun diharapkan tercapai transaksi dari business matching sebesar Rp2 miliar.

“Java Coffee Culture ini akan jadi landasan berpijak bahwa Insya Allah tahun depan akan menjadi gelaran Indonesia Coffee Culture yang dimulai dari Jatim untuk menuju kancah dunia,” imbuh Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi Jelajah Kopi jatim Bank Indonesia
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top