Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kayutangan Heritage Zona III Kota Malang Mulai Dikerjakan Akhir Mei

Penataan nantinya tidak satu jalan saja, tapi sistem lalin kawasan, mulai dari PLN, sampai area alun-alun, kahuripan, majapahit dan ruas-ruas sekitarnya.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  12:41 WIB
Desain 3D Kayutangan Heritage Zona III. - Istimewa
Desain 3D Kayutangan Heritage Zona III. - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Kayutangan Heritage Kota Malang semakin dipercantik dengan dibangunnya zona III yang mulai dikerjakan pada akhir Mei dan rampung pada akhir November.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi, mengatakan pekerjaan pembangunan Kayutangan Heritage Zona III meliputi penataan pedestrian, saluran, andesit, dan aspal.

“Pedestrian pada Zona III akan diperlebar secara bervariasi dengan lebar ruang manfaat jalan 12 meter sehingga makin nyaman bagi pengunjung,” katanya, Kamis (19/5/2022).

Di sana juga disediakan jalur pemandu disabilitas, inlet drainase dan sumur resapan, sistem ducting kabel bawah tanah, dan street furniture. Pemindahan kabel fiber optic seiring penuntasan infrastruktur ducting juga telah ditekankan kepada para provider agar bersiap dan menyelaraskan jadwal agar lansekap kayutangan makin rapi dan cantik.

Penataan kawasan tersebut akan memanfaatkan produk unggulan lokal sanitair klaseman sebagai elemen penting street furniture di sepanjang pedestrian.

"Ada 26 kursi sanitair. Nanti dipercantik juga pedestrian dengan 71 bollard berbentuk bola dan 64 bollard tiang pada area penyeberangan. Ini bagian dukungan pemkot pada sentra industri lokal," ujarnya.

Dia meyakinkan, pemanfaatan produk lokal dalam pembangunan kali ini diapresiasi perwakilan anggota DPRD dari Komisi C dan dapil Klojen yang turut hadir dalam acara sosialisasi pembangunan Kayutangan Heritage Zona III, Selasa-Rabu (17-18/5/2022).

"Tahap I dan II tidak perlu ada penutupan kawasan. Untuk Tahap III saat penataan andesit baru September nanti dan kami masih akan membahas rekayasa lalin-nya di Forum Lalu Lintas. Semangatnya tentu seminim mungkin mengganggu," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono, menambahkan pihaknya melalui Forum Lalu Lintas terus mematangkan rencana penataan lalu lintas baik pada saat tahap ketiga pembangunan maupun setelah rampungnya pembangunan fisik kawasan Kayutangan Heritage.

"Kajian sudah kami persiapkan sejak 2021. Penataan nantinya tidak satu jalan saja, tapi sistem lalin kawasan, mulai dari PLN, sampai area alun-alun, kahuripan, majapahit dan ruas-ruas sekitarnya. Titik-titik parkir juga sudah kita skenariokan, di antaranya di lahan eks Dinas Lingkungan Hidup, dan beberapa kantong parkir perkantoran di kayutangan," ujarnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top