Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Daerah di Jatim Sudah Berstatus PPKM Level 1

Level PPKM di Jatim turun ini menjadi sinyal positif bagi masyarakat Jatim untuk dapat melanjutkan upaya pemulihan ekonomi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 22 Maret 2022  |  14:30 WIB
tangkapan layar akun Instagram Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa soal Pemberlakukan PPKM Level 1 di Jatim
tangkapan layar akun Instagram Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa soal Pemberlakukan PPKM Level 1 di Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2022 yang terbit 21 Maret 2022 dan berlaku pada 22 Maret sampai 4 April 2022 telah ditetapkan bahwa sejumlah daerah kini berstatus PPKM Level 1, termasuk lima daerah di Jatim.

Adapun 5 daerah di Jatim tersebut di antaranya Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Lamongan. Jumlah daerah level 1 ini merupakan yang terbanyak di Jawa dan Bali. Sedangkan 26 daerah lainnya di Jatim saat ini tercatat berada di level 2, dan sebanyak 7 daerah masuk level 3.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan menurunnya status level PPKM di Jatim ini menjadi sinyal positif bagi masyarakat Jatim untuk dapat melanjutkan upaya pemulihan ekonomi. 

“Ini menjadi hal yang menggembirakan di Jatim karena sudah mulai banyak daerah yang status PPKMnya masuk level 1,” katanya, Selasa (22/3/2022).

Meski situasi Covid-19 semakin membaik, tetapi kata Khofifah, masyarakat harus tetap waspada dan tidak boleh lengah dalam menjalankan protokol kesehatan, termasuk terus menggencarkan vaksinasi terutama dosis kedua dan booster untuk menjaga ketahanan tubuh warga.

“Insya Allah penanganan Covid-19 di Jatim sedang on the track. Bersama-sama semua lini, Jatim akan terus berupaya maksimal dengan harapan pandemi segera bisa diakhiri,” imbuhnya.

Adapun saat ini capaian vaksinasi di Jatim per 23 Maret 2022 mencapai 91,24 persen untuk dosis 1, sedangkan dosis 2 mencapai 74,22 persen, dan dosis 3 atau booster mencapai 7,18 persen.

Data Satgas Covid-19 Jawa Timur, tren jumlah kasus baru Covid-19 di Jatim terus mengalami penurunan. Per 21 Maret 2022, jumlah kasus baru positif Covid-19 mencapai 228 orang, dan jumlah pasien sembuh harian mencapai 949 orang.

Hingga kini masih ada sebanyak 4.135 kasus aktif Covid-19 di Jatim yang tengah mendapatkan perawatan. Kondisi tersebut juga sejalan dengan tingkat keterisian tempat tidur atau BOR rumah sakit dengan ICU mencapai 12 persen, BOR isolasi RS 10 persen, dan BOR RS Darurat 3 persen, dan BOR Isolasi Terpusat (Isoter) 1 persen.

Wisatawan berada di speedboat saat berlibur di Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Minggu (20/3/2022). Objek wisata di dekat lereng Gunung Lawu yang sebelumnya ditutup akibat diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi Covid-19 tersebut, kembali dibuka dan mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah./Antara-Siswowidodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya Covid-19
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top