ELPI Dukung Pengembangan Adventure Land Romokalisari

PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk. mendukung pengembangan wahana wisata alam Adventure Land Romokalisari di Surabaya dengan melakukan penanaman pohon
Foto: Finance Director PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI), Efilya Kusumadewi (Kedua dari kiri) didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Antiek Sugiharti (kedua dari kanan) disela acara seremoni penanaman mangrove di Adventure Land Romokalisari Surabaya, Sabtu (20/04/2024).
Foto: Finance Director PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI), Efilya Kusumadewi (Kedua dari kiri) didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Antiek Sugiharti (kedua dari kanan) disela acara seremoni penanaman mangrove di Adventure Land Romokalisari Surabaya, Sabtu (20/04/2024).

Bisnis.com, SURABAYA - Perusahaan jasa angkutan laut PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk. (ELPI) mendukung pengembangan wahana wisata alam Adventure Land Romokalisari di Surabaya dengan melakukan penanaman pohon.

Finance Director PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI), Efilya Kusumadewi, menjelaskan perseroan ingin terlibat dan membantu pengembangan serta pembangunan lingkungan Kota Surabaya. Salah satunya melalui kegiatan penanaman pohon mangrove di wahana wisata alam Romokalisari.

"Kami siapkan ada 3.200 bibit mangrove, ada pula penyediaan fasilitas tempat sampah, gazebo, tujuannya tentu kami ingin agar lingkungan bisa bersih nyaman, supaya wisata ini ramai dikunjungi," jelasnya di sela-sela penanaman mangrove, Sabtu (20/4/2024).

Seremoni penanaman mangrove di kawasan Romokalisari yang dihadiri jajaran direksi ELPI dan Pemerintah Kota Surabaya juga bagian dari perayaan ulang tahun ke-32 PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk.

Efilya Kusumadewi menuturkan pilihan mendukung pengembangan Adventure Land Romokalisari didasari pertimbangan destinasi ini bisa menjadi alternatif wahana wisata di Surabaya. Destinasi ini bermuatan pendidikan, ada kebun binatang mini, ada wisata perahu, dan pelestarian lingkungan hutan bakau.

"Kami memang fokus mendukung lingkungan, lingkupnya beragam, salah satunya penanaman mangrove ini dengan harapan bisa sustainability [berkelanjutan], dan masyarakat sekitar mendapat manfaat positif," tuturnya.

Adventure Land Romokalisari merupakan kawasan pantai di Surabaya bagian barat, berdekatan dengan Gresik, dan menempati lahan seluas 7.6769 meter persegi. Wisata berkonsep pendidikan berbasis alam ini diresmikan pada 23 September 2022.

Daya tarik destinasi ini antara lain kebun binatang mini, memberi makan hewan, melihat burung, menaiki kuda, mencoba petualangan dengan All Terrain Vehichle (ATV), menaiki perahu sembari melihat hutan mangrove hingga permainan kano, serta kuliner. Ragam pepohonan hijau menjadikan kawasan di Surabaya Barat ini terasa sejuk di mata.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menjelaskan dukungan pihak swasta seperti ELPI dalam mengembangkan Adventure Land Romokalisari memiliki peran penting. Penanaman mangrove bisa menekan laju perubahan iklim.

"Aktivitas perusahaan juga bisa meningkatkan kunjungan, yang tanpa disadari berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat sekitar," jelasnya.

Antiek menggambarkan Adventure Land Romokalisari dikelola dengan melibatkan 100 warga nelayan setempat. Oleh karenanya ketika ada kunjungan, pengelola ini akan mendapatkan omzet, baik itu dari penjualan makanan, atraksi hewan, maupun dari ongkos naik perahu.

Semua pendapatan dari aktivitas wisata di kawasan ini bisa kembali ke masyarakat setempat, meningkatkan pendapatan mereka. "Hasilnya semua kembali mereka semua, jadi bisa meningkatkan taraf ekonomi, mengentaskan kemiskinan. Jadi [kegiatan perusahan] memiliki kontribusi positif," tegasnya.

Sementara terkait kunjungan wisatawan, Antiek menuturkan pada momen Lebaran 2024, lebih dari 2.000 orang berkunjung ke kawasan ini. Sementara pada hari lain, pengunjung biasa ramai pada akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler