Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 5 Pasar di Surabaya Bakal Bebas Kantong Plastik

Pemkot Surabaya sedang menyiapkan Perda dan Perwali yang sesuai dengan aturan pasar bebas kantong plastik melalui Dinas Lingkungan Hidup.
Pemkot Surabaya berencana ada 5 pasar tradisional yang akan bebas kantong plastik
Pemkot Surabaya berencana ada 5 pasar tradisional yang akan bebas kantong plastik

Bisnis.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menargetkan 5 pasar tradisional di Kota Surabaya akan bebas kantong plastik sekali pakai pada tahun ini.

Eri mengatakan saat ini sudah ada pasar percontohan yang telah terbebas dalam penggunaan kantong plastik yakni Citraland Fresh Market di wilayah Surabaya Barat.

“Sekarang sudah ada satu pasar di Citraland, tapi tahun ini minimal targetnya ada 5 pasar yang mau berubah dengan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai,” katanya dalam rilis, Senin (10/1/2022).

Dia mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) dan Perwali yang sesuai dengan aturan pasar bebas kantong plastik melalui Dinas Lingkungan Hidup. Dengan begitu, katanya, Surabaya dapat mengurangi dampak lingkungan sekaligus menciptakan pasar yang lebih bersih.

“Jika kantong plastik dapat berkurang di Surabaya, tentu ini juga akan menjadi peluang besar bagi para UMKM di Surabaya untuk membuat usaha tas kain yang bisa digunakan berulang kali ketika belanja di pasar,” katanya.

Eri menjelaskan program pasar bebas kantong plastik sebetulnya merupakan program yang digagas oleh Komunitas Nol Sampah dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Komunitas tersebut telah bekerja sama dengan pasar Citraland.

Koordinator Nol Sampah, Wawan Some mengatakan, program yang telah dimulai sejak Agustus 2021 ini dilakukan karena banyaknya hewan yang mati akibat sampah plastik. 

"Ini kita lakukan karena Indonesia adalah negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia. Bahkan sudah banyak juga hewan yang mati akibat sampah plastik,” katanya.

Dia menambahkan, Komunitas Nol Sampah memastikan siap untuk mendukung dan berkolaborasi dengan jajaran Pemkot Surabaya untuk merealisasikan target dari Wali Kota Surabaya minimal 5 pasar bebas kantong plastik tahun ini.

“Kami siap mendukung, tentunya, yang sangat perlu adalah sosialisasi kepada para pedagang pasar dan juga pembuatan Perwali, keduanya ini harus berjalan beriringan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper