Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kawasan Industri di Kabupaten Pasuruan Difokuskan di Gempol

Penyusunan serta penetapan RDTR sudah disiapkan, yakni wilayah perencanaan Kecamatan Grati, Wonorejo dan Gempol.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 04 Oktober 2021  |  21:51 WIB
Kawasan Industri di Kabupaten Pasuruan Difokuskan di Gempol
Bupati Pasuruan, M. Irsyad Yusuf (kiri), bersama Plt. Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Abdul Kamarzuki, Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka Persetujuan Substansi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, beberapa waktu lalu. - Istimewa

Bisnis.com, PASURUAN — Kec. Gempol, Kab. Pasuruan, Jatim difokuskan untuk menjadi kawasan industri dan perumahan mengacu rencana detil tata ruang 2021-2024 daerah tersebut.

Bupati Pasuruan, M. Irsyad Yusuf, mengatakan Kecamatan Grati akan dijadikan kawasan industri dan investasi untuk mendukung kegiatan pertanian dan pariwisata dengan memperhatikan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

"Kecamatan Wonorejo sebagai pusat perdagangan dan jasa serta industri," katanya dalam keterangan resminya, Senin (4/10/2021).

Menurut dia potensi di Kabupaten Pasuruan cukup lengkap untuk melakukan percepatan ekonomi. Ada potensi pertanian, perkebunan, hingga sektor laut. Oleh karena itulah, Pemkab Pasuruan akan mengevaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Ini yang menjadi perhatian kami sehingga ada percepatan dan ada capaian yang harus kita evaluasi. Terutama RTRW yang diikuti penyusunan dan penetapan RDTR di beberapa kawasan strategis,” katanya.

Penyusunan serta penetapan RDTR sudah disiapkan, yakni wilayah perencanaan Kecamatan Grati, Wonorejo dan Gempol. Sebelumnya, ada ada lima wilayah yang sudah ditetapkan RDTR-nya, yakni Kecamatan Bangil, Kraton, Purwosari, Beji dan Pandaan yang mengikuti pembahasan RTRW sebelumnya.

Percepatan ekonomi dan pengurangan disparitas wilayah di Kabupaten Pasuruan akan ditingkatkan terutama dengan adanya meningkatkan sektor perindustrian. Pengembangan sektor industri dapat terpacu dengan adanya ruas tol yang melewati Kabupaten Pasuruan. Adanya tol menjadikan Pasuruan sebagai wilayah segitiga emas Jawa Timur.

"Dengan tersambungnya jalan tol tersebut akan menjadi tantangan dan peluang. Saat ini, ruas tol sudah tersambung," katanya.(K24).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasuruan jatim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top