Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malang Dorong Gerakan Seribu Labu Plasma Konvalesen Terealisasi

Pemkot Malang melalui Dinas Kesehatan akan segera berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri, perbankan dan pihak swasta lainnya untuk dapat bersama-sama mengimbau penyintas Covid-19 di lembaganya masing-masing agar mau mengikuti program donor plasma konvalesen ini.
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko beraudiensi dengan komunitas Plasma Hero di kantornya, Senin (15/2/2021)./Istimewa
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko beraudiensi dengan komunitas Plasma Hero di kantornya, Senin (15/2/2021)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang mendorong agar Gerakan Seribu Labu Plasa Konvalesen yang diinisiasi komunitas Plasma Hero karena dapat membantu penyembuhan pasien yang positif Covid-19.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi tinggi atas program Gerakan Seribu Labu Plasma Konvalesen yang diinisiasi oleh komunitas Plasma Hero.

"Saya ingin Dinas Kesehatan untuk segera berkolaborasi agar kegiatan tersebut segera terealisasi; karena kegiatan ini merupakan bentuk gotong royong kita bersama dalam rangka mengatasi Covid-19," ujarnya di sela-sela audiensi dengan komunitas Plasma Hero di kantornya, Senin (15/2/2021).

Dia menambahkan bahwa Pemkot Malang melalui Dinas Kesehatan akan segera berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri, perbankan dan pihak swasta lainnya untuk dapat bersama-sama mengimbau penyintas Covid-19 di lembaganya masing-masing agar mau mengikuti program donor plasma konvalesen ini.

"Seperti kita ketahui, donor plasma ini akan sangat membantu pasien Covid-19 untuk dapat segera sembuh dan melewati masa kritisnya; namun tidak semua penyintas dapat mendonorkan plasmanya; harus dilakukan skrining terlebih dahulu," tuturnya.

Untuk itu, Pemkot Malang akan segera mengambil langkah agar kegiatan ini dapat segera terlaksana dengan arahan Wali Kota Malang Sutiaji, mengingat tingginya kebutuhan akan plasma konvalesen ini.

Founder Plasma Hero, dr Ariyani mengatakan gerakan ini cakupannya skala nasional. Kota Malang menjadi salah satu daerah yang ikut dalam gerakan tersebut.

"Jadi kami akan mencanangkan Gerakan Nasional Seribu plasma di Malang, nanti mohon supportnya dari Pemkot Malang, serta dari PMI juga," ujarnya.

Ariyani mengatakan, dari proses treatment pasien Covid-19 yang dilakukan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Efektivitas penyembuhan pasien Covid-19 dengan pemberian donor plasma konvalesen yaitu sebesar 80 persen.

Dalam kesempatan terpisah, Wali Kota Malang Sutiaji yang juga penyitas Covid 19, merespons positif gerakan plasma dimaksud.

"Sejak awal Saya sudah berinisiatif untuk kegiatan ini dan secara teknis juga berkomunikasi dengan dr. Kohar (Direktur RSSA Malang) dan juga dr. Putu selaku inovator penyembuhan dengan donor plasma,” katanya. (k24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper