Trafik Data XL Diprediksi Melonjak 10% Saat Pemilu

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memprediksi trafik data pada saat momen pemilihan umum presiden dan legislatif bakal melonjak 5% sampai 10% terutama didorong oleh penggunaan sosial media.
Peni Widarti | 15 April 2019 20:47 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, SURABAYA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memprediksi trafik data pada saat momen pemilihan umum presiden dan legislatif bakal melonjak 5% sampai 10% terutama didorong oleh penggunaan sosial media.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan untuk mengantisipasi adanya lonjakan trafik data tersebut, XL telah memperkuat jaringan yang termasuk dalam persiapan untuk menghadapi momen Ramadhan dan Lebaran karena waktunya berdekatan.

“Kami juga akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, lalu di kantor-kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1,” katanya dalam rilis, Senin (15/4/2019).

Dia mengatakan selain trafik data yang akan meningkat dari layanan sosial media seperti Line, Whatsapp, Instagram dan Facebook, trafik layanan voice dan SMS juga diprediksi naik yakni sekitar 3%.

Sedangkan  lokasi yang diperkirakan terjadi kenaikan trafik data tertinggi terjadi di kota-kota besar terutama Jakarta dan kota penyangga di sekitarnya.

“Kenaikan trafik juga kemungkinan terjadi di kota-kota kecil di berbagai daerah seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia atas berlangsungnya pesta demokrasi tahun ini,” imbuhnya.

Adapun, trafik normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 TB. Sedangkan tarfik layanan voice sekitar 4 juta menit dan 71 juta untuk SMS.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, Pemilu 2019

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup