Pemkot Malang Dukung IHGM Cetak SDM Kepariwisataan

Oleh: Choirul Anam 29 September 2018 | 22:01 WIB
Pemkot Malang Dukung IHGM Cetak SDM Kepariwisataan
Wali Kota Malang Sutiaji (lima dari kanan) dalam Forum IHGM di Batu Malang, Sabtu (29/9)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG – Pemerintah Kota  Malang mendukung progran Indonesian Hotel General Manager (IHGM) untuk mencetak tenaga siap pakai di bidang kepariwisataan lewat program One GM One SMK.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia usaha oleh berbagai kalangan seperti IHGM yang bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Malang Raya sangat positip. 

Lewat kerja sama itu, IHGM  memberikan pendidikan praktik wirausaha di bidang keparawisataan kepada para siswa melalui program bertajuk "One GM for One SMK".

"Saya sangat mengapresiasi adanya program tersebut karena kolaborasi ini sangat penting bagi para peserta didik khususnya siswa SMK, " katanya dalam sosialisasi program tersebut di Batu, Sabtu (29/9/2018)

Dia menjelaskan, program One GM for One SMK sesuai dengan harapan pemerintah pusat yang terus memperbaiki dunia pendidikan.

"Adanya program ini sangat penting, karena dengan menerjunkan satu GM ke satu SMK maka akan mempersempit antara teori dengan praktik," katanya.

Saat ini, dia menilai, dunia pendidikan terus mengalami perubahan signifikan. Bahan ajar kini tak lagi bersifat konvensional dan verbal melalui buku teks dan melalui tatap muka guru-murid, melainkan sudah berkembang kepada kehidupan nyata dan praktik di lapangan.

One GM for One SMK ini, lanjut Sutiaji, diharapkan mampu menciptakan entrepreneur baru dari para siswa SMK se-Malang Raya, yakni Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. 

Transformasi ilmu dari para general manager hotel se-Malang Raya ini juga diharap tidak saja mampu mencetak para siswa yang siap kerja melainkan juga menginspirasi siswa untuk mengelola bahkan memiliki hotel.

"Ke depan kerja sama ini bukan saja pada bidang pariwisata saja tapi juga industri, tata boga, dan lainnya," tambah Sutiaji.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya