Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Kapal ke Teluk Lamong Naik 8%, Rute Baru Jadi Pendorong

Peningkatan kunjungan diyakini efek positif dari kinerja bongkar muat yang baik sehingga menghasilkan port stay kapal lebih singkat.
Peti kemas di lapangan PT Terminal Teluk Lamong./Ist
Peti kemas di lapangan PT Terminal Teluk Lamong./Ist

Bisnis.com, SURABAYA - Kunjungan kapal ke PT Terminal Teluk Lamong (TTL) pada Agustus 2024 tercatat 132 unit kapal dengan 1.284.253 GT naik 8% dibandingkan dengan periode yang sama 2023 dengan total kunjungan 122 unit kapal dengan 1.179.349 GT.

Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong, David Pandapotan Sirait, mengatakan perseroan berkomitmen memberikan pelayanan yang andal dan efisien. "kami yakin hingga akhir tahun inipun kinerja TTL akan semakin baik," ujarnya dalam rilis, Jumat (27/9/2024).

TTL mencatat untuk periode year to date (YTD) hingga Agustus 2024, jumlah kunjungan kapal juga meningkat dari 730 unit kapal menjadi 809 unit kapal. Hal ini mencatatkan kenaikan kunjungan kapal sebesar 10,8%.

Peningkatan kunjungan diyakini efek positif dari kinerja bongkar muat yang baik sehingga menghasilkan port stay kapal lebih singkat. Efisiensi ini mendorong shipping line untuk menambah kapal baru dan membuka rute-rute baru, termasuk rute baru dari PT Meratus Line (Surabaya – Tangkiang - Kendari), PT SPIL (Balikpapan – Palu), dan Tanto (Makassar-Kendari).

Masih pada Agustus, terdapat penambahan service baru International CIX Service tujuan Intra Asia dan sebelumnya gabungan dari Wanhai Line-InterAsia Line dan KMTC untuk tujuan MiddleEast dan India Sub kontinen.

Kehadiran rute-rute baru ini tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan kapal, tetapi juga memperluas jangkauan logistik Terminal Teluk Lamong, serta memberikan opsi distribusi yang lebih luas bagi pelanggan

Selain itu, efek peningkatan kunjungan kapal ini juga terlihat pada arus peti kemas yang turut mengalami peningkatan sebesar 10% dari tahun sebelumnya yakni 72.722 Teus menjadi 79.948 Teus pada tahun 2024. Secara year to date (YTD) hingga Agustus 2024, jumlah arus petikemas meningkat 6,4% dari 546.324 Teus menjadi 581.525 Teus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Siaran pers
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper