Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

74 Pedagang Pasar Comboran Terdampak Kebakaran

Ada instruksi khusus untuk segera memulihkan kondisi khususnya pedagang terdampak sesegera mungkin.
Pj. Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan (kiri), saat meninjau kebakaran Pasar Comboran, Jumat (13/9/2024)./Istimewa
Pj. Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan (kiri), saat meninjau kebakaran Pasar Comboran, Jumat (13/9/2024)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Sebanyak 74 pedagang Pasar Comboran terdampak kebakaran di pasar tersebut pada Jumat (13/9/2024). Kebakaran pasar Comboran menghanguskan bagian gedung lantai dua dan tiga pasar tradisional itu. 

Pj. Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan, mengatakan kebakaran tersebut menyebabkan kerugian materiil yang tidak sedikit. Puluhan kios dan juga 11 mobil hangus terbakar dan 74 pedagang dilaporkan terdampak kebakaran itu. 

“Kondisi psikologis pedagang patut menjadi perhatian. Kerugian material yang timbul ditambah lagi dengan ketidakpastian nasib pedagang dapat memperburuk keadaan,” katanya setelah rakor bersama kepala perangkat daerah terkait dampak kebakaran Pasar Comboran untuk membahas tindak lanjut yang dilakukan Pemkot Malang di ruang rapat Wali Kota, Selasa (17/9/2024).

Dia juga telah melaporkan kejadian ini kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dirinya mendapat instruksi khusus untuk segera memulihkan kondisi khususnya pedagang terdampak sesegera mungkin. 

"Kondisi pedagang perlu segera kita tangani. Tadi laporan Kadis ada 74 pedagang terdampak, ini yang harus kita siapkan langkah, dan sesuai instruksi Mendagri. Dalam tanggap darurat ini kita harus hadir dan memberikan solusi konkret," tegasnya.

Sebagai langkah jangka pendek, Iwan langsung menginstruksikan jajarannya untuk menggunakan anggaran BTT (Biaya Tak Terduga) untuk membantu memulihkan kondisi para pedagang. Nantinya anggaran BTT ini akan dipergunakan untuk bantuan sosial kepada 74 pedagang terdampak. 

Sebagai intervensi jangka pendek, kata dia, maka dialokasikan anggaran BTT. Teknisnya dalam bentuk bantuan sosial sehingga bisa signifikan dirasakan pedagang. "Acuannya nanti tolong diperhatikan bagaimana prosedur dan mekanismenya, agar secara administratif dan pelaksanaan di lapangan tidak menimbulkan masalah," imbuhnya.

Iwan mengapresiasi upaya yang sejauh ini telah dilakukan jajarannya mulai dari pemadaman sampai dengan rencana relokasi pedagang terdampak ke lantai 1 Pasar Comboran.

Dia juga berharap proses investigasi bisa segera selesai sehingga pasar bisa segera dioperasikan kembali.

"Selain BTT tadi, saya mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan, mulai waktu pemadaman kemarin sampai bagaimana pendekatan yang digunakan dalam proses relokasi, tempat sudah ada di lantai 1 Pasar Comboran. Harapannya (Pasar) bisa segera dibuka," ucapnya.

Selain intervensi jangka pendek, dia menambahkan, langkah jangka panjang juga akan dilakukan. Salah satunya mengkaji fungsi, sarana dan prasarana serta rencana perbaikan Pasar Comboran ke depan.

"Ini yang akan kita rumuskan bersama, untuk jangka panjang nanti kita akan kaji, bagaimana fungsi ini berjalan sebagaimana mestinya, bagaimana kelayakan sarana prasarananya dan saya akan coba berkonsultasi terkait perbaikan dan rehabilitasi pasar,” ujarnya. (K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper