Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Jatim Dukung Ekspansi Industri dengan Penambahan Daya

Di sektor industri tegangan menengah (TM) hingga September 2024 sudah melayani sebanyak 199 pelanggan yang melakukan penyambungan dan perubahan daya.
Ilustrasi fasilitas produksi industri di Jawa Timur./Ist-PLN
Ilustrasi fasilitas produksi industri di Jawa Timur./Ist-PLN

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mendukung ekspansi industri di Jawa Timur dengan pelayanan penambahan daya.

General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo mengatakan perseroan tidak hanya mengutamakan keandalan dan suplai pasokan listrik, tetapi kami lebih proaktif menjangkau kebutuhan dan kepuasan pelanggan, termasuk melayani perubahan daya bagi pelanggan sektor industri yang selama ini juga menopang pertumbuhan ekonomi.

Di sektor industri tegangan menengah (TM) misalnya, kata Agus, hingga September 2024 sudah melayani sebanyak 199 pelanggan yang melakukan penyambungan dan perubahan daya. Di sepanjang tahun ini, PLN Jatim telah menyambung listrik segmen industri TM sebesar 228,64 MVA.

“Saat ini masih ada daftar tunggu pelanggan industri TM yang mengajukan tambah daya yakni sebanyak 32 pelanggan atau sekitar 42,4 MVA,” katanya dalam rilis, Rabu (11/9/2024).

Adapun dari rerata penjualan listrik kWh di Jatim sebesar 3,729 GWh, kontribusi sektor industri TM yakni mencapai 1,228 GWh atau setara 32%.

Di wilayah Banyuwangi, PLN turut mendukung pertumbuhan sektor industri melalui pengoperasian perubahan daya TM untuk PT Bumi Suksesindo (BSI), selaku anak usaha dari PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) yang bergerak di bidang tambang emas dan perak. Layanan tersebut diberikan bertepatan dengan perayaan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2024.

Manager PLN UP3 Banyuwangi, Danang Setiawan memaparkan, pada tahap pertama perubahan daya yang berhasil dioperasikan yakni sebesar I3/8.660 kV hingga I3/10.380 kVA, dari total daya yang direncanakan mencapai I4/120.000 kVA. Pengoperasian tahap kedua direncanakan akan rampung pada akhir 2025.

“Keberhasilan pengoperasian perubahan daya ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi pengembangan industri dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi,” katanya.

Penanggung jawab PT Bumi Suksesindo, Kresna Yasha menyampaikan apresiasinya terhadap layanan yang diberikan PLN kepada BSI. Menurutnya, PLN selalu tanggap dalam mengatasi kendala kelistrikan.

“Kami berharap ke depannya PLN dapat semakin meningkatkan kualitas layanan, terutama dalam keandalan suplai listrik untuk semua segmen pelanggan,” tuturnya.

Selain itu, masih dalam agenda Hari Pelanggan Nasional 2024, PLN juga melakukan kunjungan ke PT Indofood Sukses Makmur (Bogasari) di Perak, Surabaya (9/9). Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi PLN kepada pelanggan, terutama kepada Bogasari yang merupakan salah satu pelanggan Tegangan Tinggi dengan kapasitas daya listrik sebesar 32 MVA.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper