Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Gangguan Cuaca Iringi Lebaran, Ini Kesiapan Kota Malang

DLH akan menyiagakan tim penanganan kejadian pohon tumbang setiap hari selama libur Idulfitri.
Petugas Lingkungan Hidup tengah menangani pohon tumbang yang menutup jalan sehingga menganggu kenyamanan penggunanya./Istimewa
Petugas Lingkungan Hidup tengah menangani pohon tumbang yang menutup jalan sehingga menganggu kenyamanan penggunanya./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang tetap menyiagakan petugas menjaga kebersihan kota dan memitigasi bencana pohon tumbang sehingga membuat nyaman warga dan pendatang selama libur panjang Lebaran.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Malang, Laode  Kulaita B. Alfitra, mengatakan untuk penanganan sampah, layanan persampahan tetap dilakukan normal seperti hari–hari biasa. Layanan pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tetap dilaksanakan seperti biasa, namun kemungkinan pada hari H Lebaran akan menyesuaikan.

“Petugas pramu kebersihan tetap melaksanakan tugasnya seperti biasa, baik petugas sif pagi maupun sif siang rutin melaksanakan tugasnya,” ujarnya, Rabu Kamis (28/3/2024).

Terkait perawatan taman, kata dia, nantinya pihak DLH akan menerapkan piket, yaitu akan ada petugas yang akan dijadwal secara bergantian, seperti untuk perawatan taman kota, hutan kota, dan jalur hijau.

Petugas di kawasan tersebut yang ada penekanan tugas utamanya seperti penyapuan, penyisiran, serta pengangkutan sampah di taman kota, hutan kota dan jalur hijau. 

Untuk penanganan pohon tumbang, dalam hal antisipasi penanganan, pihak DLH akan menyiagakan tim penanganan kejadian pohon tumbang setiap hari selama libur Idulfitri. 

"Sedangkan untuk meminimalisasi risiko kejadian pohon tumbang, saat ini sampai mendekati libur Idulfitri, DLH melakukan perempesan atau perapian pohon di sejumlah kawasan. Seperti di Jalan Kahuripan, Jalan Majapahit, Jalan Tumapel,  dan Jalan Kertanegara," ujarnya.

Dari berbagai langkah dan antisipasi tersebut, dia berharap, saat libur panjang nanti Kota Malang tetap bersih, indah dan terjadinya bencana dapat diminimalisir.

"Jadi warga yang sedang merayakan Hari Raya Idulfitri maupun yang menikmati liburan akan merasa nyaman serta aman,” ucapnya.

Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menegaskan bahwa mitigasi dan penanganan kebencanaan merupakan salah satu bentuk pelayanan Pemerintah Kota Malang kepada masyarakat.

“Penanggulangan bencana bukan hanya sekadar tugas pemerintah, melainkan perlu kolaborasi antarsektor dan peran aktif masyarakat, yang dapat dilakukan dengan menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup, dan juga memberikan informasi kejadian bencana atau potensi-potensi pemicu bencana kepada petugas,” tuturnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler