Hujan Picu Banjir di Dusun Junggo Kota Batu

Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Dusun Junggo, mengakibatkan banjir luapan di wilayah Desa Bumiaji tepatnya di Sungai Paron.
Personel BPBD Kota Batu dan unsur terkait saat melakukan pembersihan material sisa banjir di Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023)./Antara-BPBD Kota Batu.
Personel BPBD Kota Batu dan unsur terkait saat melakukan pembersihan material sisa banjir di Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023)./Antara-BPBD Kota Batu.

Bisnis.com, KOTA BATU - Hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Dusun Junggo, Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat (8/12/2023) menyebabkan banjir luapan di wilayah Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu di Kota Batu, mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB disebabkan hujan intensitas tinggi yang mengakibatkan aliran Sungai Paron di Dusun Beru meluap.

"Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Dusun Junggo, mengakibatkan banjir luapan di wilayah Desa Bumiaji tepatnya di Sungai Paron," kata Agung.

Akibat derasnya hujan tersebut, menyebabkan aliran air di Sungai Paron meluap yang dipicu adanya sumbatan sampah. Aliran air yang tersumbat itu, menyebabkan air meluap ke jalan bercampur material lumpur.

Sumbatan sampah pada bendungan sungai tersebut, menyebabkan meluapnya air yang bercampur lumpur hingga ke wilayah pemukiman warga. Luapan material lumpur tersebut membahayakan pengguna jalan yang melintas.

Agung menjelaskan, luapan air yang bercampur material lumpur tersebut meluber hingga ke jalan dengan dimensi mencapai 50 meter. Selain itu, luapan tersebut juga menyebabkan area tersebut tertutup lumpur dengan ketinggian kurang lebih 5-10 centimeter.

Menurutnya, dampak banjir luapan Sungai Paron tersebut beberapa rumah di Jalan Hasanuddin Dusun Beru terendam banjir, kawasan Jalan Katsubi Desa Bumiaji tertutup lumpur, dan Jalan Raya Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji tertutup lumpur setebal kurang lebih 10 centimeter.

"Kemudian di Jalan Raya Pandanrejo tergenang material banjir luapan sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi terhambat," katanya.

Ia menambahkan, pascaperistiwa tersebut tim dari BPBD Kota Batu bersama sejumlah unsur terkait melakukan pembersihan lumpur secara manual dan alat berat yang dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu.

"Kemudian juga pembersihan material jalan yang berlumpur oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Tidak ada korban dalam peristiwa ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper