Terminal Madiun Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Nataru

Sejumlah sarana prasarana yang telah disiapkan di antaranya menyediakan layanan informasi yang lebih baik, toilet yang bersih, ruang tunggu penumpang.
Kondisi Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun, Jawa Timur yang baru selesai renovasi siap hadapi angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024./Antara-Diskominfo Kota Madiun
Kondisi Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun, Jawa Timur yang baru selesai renovasi siap hadapi angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024./Antara-Diskominfo Kota Madiun

Bisnis.com, MADIUN - Pihak Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana (sarpras) untuk menghadapi kenaikan jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi bus saat angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Angkutan Natal dan Tahun Baru itu biasanya terjadi peningkatan di akhir Desember sama di awal Januari, namun tidak sebesar saat momentum lebaran. Meski demikian sejumlah persiapan sarpras sudah disiapkan," ujar Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Purboyo Madiun Suyatno, Kamis (7/12/2023).

Menurut dia, sejumlah sarana prasarana yang telah disiapkan di antaranya menyediakan layanan informasi yang lebih baik, toilet yang bersih, ruang tunggu penumpang yang lebih nyaman, hingga melakukan pemeriksaan armada bus.

Selain itu, sistem pengamanan juga ditingkatkan dengan menggandeng pihak Polres Madiun Kota serta TNI setempat. Ia menilai, peningkatan jumlah penumpang berbanding lurus dengan ancaman gangguan keamanan.

Terkait penumpang, pihaknya memperkirakan jumlah penumpang di Terminal Purboyo Kota Madiun akan naik 10 persen pada momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Hal itu mengacu data penumpang tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Sesuai data, rata-rata terdapat sebanyak 4.000 penumpang yang menggunakan jasa bus di Terminal Purboyo Kota Madiun per hari. Dengan demikian, pada momentum libur Natal dan tahun baru dimungkinkan terjadi kenaikan penumpang di kisaran 5.000-6.000 orang per hari.

Ia menambahkan, jumlah armada bus yang masuk ke di Terminal Purboyo Madiun setiap harinya rata-rata mencapai 400 unit. Jumlah tersebut kemungkinan mengalami kenaikan 5 persen seiring momentum libur natal dan tahun baru.

Sedangkan, tujuan favorit penumpang bus AKDP yaitu dari Madiun ke Surabaya dan Malang. Kemudian, bus AKAP tujuan favorit masyarakat yaitu dari Madiun ke Solo, Yogyakarta, dan Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper