Nasabah Simpeda Bank Jatim Ditarget Tumbuh di Atas 10% Tahun Depan

Bank Jatim memproyeksikan pertumbuhan nasabah tabungan Simpeda pada tahun depan bisa mencapai lebih dari 10%.
Direktur IT & Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin (memegang kertas) saat membawakan sambutan dalam gelaran Spektaria Undian Tabungan Simpeda Bank Jatim, Sabtu (2/12/2023) pagi./Bisnis - Syaharuddin Umngelo
Direktur IT & Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin (memegang kertas) saat membawakan sambutan dalam gelaran Spektaria Undian Tabungan Simpeda Bank Jatim, Sabtu (2/12/2023) pagi./Bisnis - Syaharuddin Umngelo

Bisnis.com, SURABAYA — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) memproyeksikan pertumbuhan nasabah tabungan Simpeda pada tahun depan bisa mencapai lebih dari 10%.

SEVP Consumer Banking Bank Jatim, Hermita mengatakan saat ini Bank Jatim memiliki sebanyak 2,3 juta nasabah tabungan Simpeda dengan saldo total mencapai Rp15,3 triliun. 

“Jumlah nasabah Simpeda tersebut mengalami peningkatan rerata 10% per tahun dan pada tahun depan diharapkan tumbuh double digit atau di atas 10%,” katanya seusai gelaran Spektaria Undian Tabungan Simpeda Bank Jatim, Sabtu malam (2/12/2023).

Dia mengatakan Bank Jatim optimistis bisa mencapai target tersebut seiring dengan berbagai upaya Bank Jatim dalam mentransformasi layanan digital, salah satunya melalui pengembangan fitur aplikasi mobile banking Jconnect.

“Fitur-fitur Bank Jatim terus dikembangkan mengikuti kebutuhan nasabah agar memberi kemudahan, salah satunya sekarang sudah bisa membuka rekening melalui aplikasi tanpa perlu ke cabang. Ini akan turut mendukung bertumbuhnya nasabah baru,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan jumlah 2,3 juta nasabah tabungan Simpeda, Bank Jatim menjadi bank yang memiliki nasabah Simpeda terbanyak di Indonesia, yakni dengan porsi sekitar 30%.

“Kemudian dari total produk tabungan yang dimiliki Bank Jatim, tabungan Simpeda berkontribusi sekitar hampir 65%. Ini karena bank Jatim punya agen yang banyak tersebar di seluruh pelosok sehingga memudahkan menjangkau nasabah,” imbuhnya.

Adapun hingga kuartal III/2023, Bank Jatim telah menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp84,1 triliun atau naik 1,46% (yoy). Jumlah tersebut terdiri dari tabungan Rp24,97 triliun atau naik 3,43% (yoy), tabungan giro Rp21,38 triliun turun -14,2% (yoy) dan deposito Rp37,82 triliun naik 11,56% (yoy). Rasio Loan to Deposit (LDR) Bank Jatim saat ini tercatat sebesar 61,49%.

Sementara, jumlah pengguna JConnect Mobile Bank Jatim hingga kuartal III/2023 tercatat sebanyak 606.239 user atau tumbuh 29% (yoy), dengan tren volume transaksi sebanyak 3,2 juta atu tumbuh 41% (yoy) dan nominalnya mencapai Rp3,3 triliiun tumbuh 35% (yoy).

Sedangkan pengguna Jconnect QRIS mencapai 111.651 user atau tumbuh 106% (yoy), dengan volume transaksi 425.476 atau tumbuh 102% (yoy) dan nominalnya Rp51 miliar atau tumbuh 137% (yoy).

Bank Jatim saat ini juga memiliki sebanyak 5.511 user Jconnect Agen Jatim atau tumbuh 148% (yoy), dengan tren volume transaksi mencapai 56.460 dan nominalnya Rp9,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper