Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Angkutan Kapal DLU Tumbuh 10 - 15 Persen per Semester I/2023

PT Dharma Lautan Utama (DLU) mencatat kinerja angkutan kapal penumpang di sepanjang semester I/2023 ini mengalami pertumbuhan 10 - 15 persen.
Ilustrasi kapal DLU./Bisnis
Ilustrasi kapal DLU./Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA — PT Dharma Lautan Utama (DLU) mencatat kinerja angkutan kapal penumpang di sepanjang semester I/2023 ini mengalami pertumbuhan 10 - 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama DLU Erwin H. Poedjono mengatakan pertumbuhan ini sejalan dengan kondisi perekonomian di Indonesia yang tumbuh 5,03 persen bahkan lebih tinggi dari proyeksi awal. Selain itu, tahun ini juga ada penambahan armada sehingga mampu mengakomodir kebutuhan konsumen terhadap angkutan laut.

“Diharapkan kondisi ini tidak menurun pada semester II/2023 sehingga industri jasa angkutan laut dapat tumbuh lebih baik lagi,” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (19/6/2023).

Erwin menambahkan, peningkatan kinerja arus penumpang kapal yang dikelola DLU ini juga didorong oleh adanya momen mudik Lebaran. Angkutan kapal penumpang DLU selama masa Lebaran pada April lalu mencatatkan tingkat loadfactor atau daya tampung hingga 100 persen.

“Bahkan DLU menyelesiakan masa angkutan Lebaran sampai 30 Mei 2023 atau lebih panjang dari masa angkutan lebaran lainnya. Jadi angkutan Lebaran yang kita kelola itu mulai 1,5 bulan sebelum Lebaran sampai 1,5 bulan setelah Lebaran alias selama 3 bulan DLU melayani angkutan Lebaran,” jelasnya.

Dia melanjutkan, dengan suksesnya dalam melayani angkutan Lebaran ini, DLU berencana menggelar Penghargaan DLU 2023 kepada mitra/insan perhubungan mulai dari regulator dan fasililator pada 7 Juli 2023 mendatang.

“Penghargaan ini kami buat untuk memberikan apresiasi kepada para mitra DLU karena sukses menjalankan angkutan Lebaran yang jadwalnya sesuai dengan keinginan konsumen, keselamatan yang zero accident dan aman, serta tidak ada kejadian kriminal di kapal,” ujarnya.

Adapun insan penerima penghargaan dari DLU di antaranya dari kategori regulator yakni Direktur Perkapalan dan Kepelautan (Dirkapel) Kemenhubla Hartanto, Direktur Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan Kemenhubdat Junaedi, Kepala Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak Heru Susanto, Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Herwanto.

Selain itu, Kepala KSOP Kelas I Semayang Balikpapan Mugen S. Sartoto, Kepala BPTD Wil VII Banten Handjar Dwiantoro, Korsatpel BPTD Will Xi Jatim, Rocky Marthen Surentu dan Kepala KP3 Tanjung Perak AKBP Herlina.

Sementara dari kategori fasilitator yakni GM Kalimas Terminal Penumpang & Roro Pelindo Tanjung Perak Dhany Rachmad Agustian dan GM Pelindo, Tanjung Emas Hardianto.

Erwin menambahkan, selain regulator dan fasilitator, DLU juga akan memberi penghargaan kepada media lantaran dinilai penting dalam mentransfer informasi kepada publik tentang kondisi dan situasi dari transportasi selama mudik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper