Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buruan! ITS, Unair dan UPN Buka Jalur Seleksi Mandiri, Begini Alurnya

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya mulai membuka pendaftaran jalur seleksi mandiri.
Ilustrasi calon mahasiswa melihat situs seleksi masuk perguruan tinggi./JIBI-Solopos
Ilustrasi calon mahasiswa melihat situs seleksi masuk perguruan tinggi./JIBI-Solopos

Bisnis.com, SURABAYA - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya mulai membuka pendaftaran jalur seleksi mandiri setelah sebelumnya menyelesaikan pendaftaran jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Perguruan Tinggi Negeri tersebut di antaranya seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang mulai membuka pendaftaran melalui jalur seleksi mandiri untuk tiga jenis jalur yakni jalur kemitraan, umum, dan prestasi untuk program sarjana regular (S1) maupun sarjana terapan (D4). 

Kepala Subdirektorat Admisi ITS, Eng Unggul Wasiwitono mengatakan setelah menyelesaikan pendaftaran mahasiswa baru 2023 melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), mulai 5 Juni 2023 ITS telah membuka jalur seleksi mandiri.

“Seleksi Mandiri merupakan satu dari tiga seleksi penerimaan program reguler yang dihadirkan oleh ITS, dengan pembobotan 50 persen dari total penerimaan. Tujuan dari seleksi ini adalah sebagai jembatan antara calon mahasiswa baru dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ITS selain melalui jalur SNBP dan SNBT,” jelasnya, Selasa (6/6/2023).

Unggul menjelaskan, bagi pendaftar seleksi mandiri jalur kemitraan dan umum diharuskan lebih dulu mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang diadakan oleh ITS. Sedangkan, bagi pendaftar jalur prestasi, seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik atau nonakademik.

Untuk TKA sendiri, lanjut Unggul, terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan masing-masing subtes adalah 90 menit. Untuk pelaksanaannya sendiri akan dilakukan secara online (daring).

“Untuk itu, perlu disiapkan PC (personal computer) atau laptop yang dilengkapi dengan webcam, software berupa zoom meeting, dan internet dengan kecepatan lebih dari 5 Mbps,” ujar dosen dari Departemen Teknik Mesin ini.

Untuk saat ini, pendaftaran seleksi mandiri berlaku untuk 8 fakultas yang ada di ITS yang memiliki 41 departemen yang tersedia untuk penerimaan mahasiswa baru 2023 ini. 

Delapan fakultas itu meliputi Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD/Scientics), Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS/Indysis), Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FTSPK/Civplan), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK/Martech), Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC/Electics), Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD/Creabiz), Fakultas Vokasi (FV/Vocation), serta Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK/Medics). 

“Sebelum mendaftar jalur seleksi mandiri ini, para pendaftar juga diwajibkan untuk membuat akun MyITS Admission terlebih dahulu,” imbuh Unggul.

Adapun cara membuat akun MyITS Admission yang pertama, para pendaftar diminta untuk membuka laman https://admission.its.ac.id/, kemudian melakukan registrasi dengan memasukan data diri.

Selanjutnya para pendaftar diminta untuk mengunggah sejumlah berkas yang diperlukan, salah satunya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Terakhir, setelah melakukan registrasi, para pendaftar bisa langsung kembali ke beranda laman untuk kemudian memilih jalur seleksi yang ingin diikuti.

Pembukaan seleksi mandiri jalur kemitraan dan umum telah dimulai pada 5 - 25 Juni 2023. Sedangkan TKA akan dilaksanakan pada 1 - 2 Juli 2023, dan akan diumumkan hasilnya pada 6 Juli 2023. Tidak menutup kemungkinan pelaksanaan TKA akan diperpanjang jika terdapat kuota berlebih.

Universitas Airlangga

Sementara, untuk Universitas Airlangga (Unair) telah membuka pendaftaran jalur mandiri sejak 29 Mei hingga 5 Juli 2023 dengan menggunakan tiga skema pendaftaran. Jalur mandiri yang bisa dilakukan melalui ppmb.unair.ac.id ini dibuka untuk memberikan fasilitas kepada calon mahasiswa baru Unair yang mengalami kendala saat mengikuti SNBT. 

Rektor Unair, Mohammad Nasih menjelaskan, pada skema pendaftaran yang pertama yakni menggunakan jalur nilai UTBK dan TKA. Skema membantu calon mahasiswa dalam beradaptasi di lingkungan kuliah nantinya. 

“Skema kedua yakni jalur seleksi ujian TPA dan TPS. Sedangkan skema ketiga adalah kemitraan jalur ujian tulis,” katanya.

Adapun jadwal dan ketentuan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dapat dilihat di website Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair. Pendaftaran mandiri skema pertama sudah dibuka 29 Mei 2023 dan akan ditutup pada 22 Juni 2023. Sementara untuk skema kedua dan ketiga dibuka 29 Mei 2023 dan berakhir pada 5 Juli 2023.

“Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri tidak menitikberatkan pada uang kuliah awal (UKA) yang dibayarkan, semua tetap berpaku pada kemampuan calon mahasiswa. Jika hasil tesnya kurang memenuhi kriteria kami tapi UKA yang dibayarkan besar tetap tidak akan kami terima,” imbuhnya.

UPN Veteran Jatim

Sedangkan UPN Veteran Jawa Timur telah membuka pendaftaran jalur mandiri untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru mulai 1 - 20 Juni 2023 melalui link website simaba.upnjatim.ac.id. atau ppmb.upnjatim.ac.id.

Wakil Rektor Bidang I UPN Jatim, Euis Nurul Hidayah menjelaskan, seleksi penerimaan mahasiswa baru di jalur mandiri UPN Veteran Jatim ini menetapkan 3 kategori yaitu Mandiri Prestasi, Mandiri Kerjasama Kemitraan, dan Mandiri Reguler.

“Untuk kategori Mandiri Prestasi dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu prestasi kejuaraan, prestasi keagamaan (hafal Al-Quran), dan konten kreator,” katanya.

Untuk kategori Mandiri Kerjasama Kemitraan diperuntukkan bagi Anak Kandung Alumni UPN Veteran Jatim, Anak Kandung TNI, Polri, PNS Kemenhan, serta mitra instansi yang telah bekerjasama dengan UPN Veteran Jatim. 

Meskipun demikian, semua pendaftar jalur mandiri tetap harus mengikuti tes seleksi yang digelar di UPN Jatim, dan pendaftar tetap harus mengikuti tes berbasis komputer dengan materi tes potensi akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika.

“Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui kemampuan akademik peserta, dengan harapan bisa menjadi bekal mereka untuk menyelesaikan kuliah dengan baik,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper