Jumlah Kerugian Kebakaran Malang Plaza, Ini Data Sementara

Data awal dihitung itu Rp56 miliar, itu asumsi kasar dari laporan yang masuk dan kami hitung secara manual.
Personel Tim Labfor Polda Jawa Timur melihat kondisi bangunan Malang Plaza, di Jalan Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur pascaterbakar, Rabu (3/5/2023)./Antara-Vicki Febrianto.
Personel Tim Labfor Polda Jawa Timur melihat kondisi bangunan Malang Plaza, di Jalan Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur pascaterbakar, Rabu (3/5/2023)./Antara-Vicki Febrianto.

Bisnis.com, MALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang menyatakan bahwa berdasarkan data sementara dan laporan awal, kerugian akibat kebakaran yang terjadi di pusat perbelanjaan Malang Plaza pada 2 Mei 2023 mencapai Rp56 miliar.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Prayitno di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (3/5/2023), mengatakan bahwa nilai kerugian sebesar Rp56 miliar dan merupakan data awal dan asumsi berdasarkan laporan dari para pelaku usaha pada pusat perbelanjaan tersebut.

"Data awal dihitung itu Rp56 miliar, itu asumsi kasar dari laporan yang masuk dan kami hitung secara manual," kata Prayitno.

Prayitno menjelaskan, nilai kerugian yang mencapai Rp56 miliar tersebut belum termasuk kerugian dari keberadaan bioskop Cinema 21 dan Variety Department Store yang merupakan penjual pakaian yang beroperasi di lantai dua Malang Plaza.

Menurutnya, data-data yang diterima BPBD Kota Malang tersebut juga masih terus berkembang. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 145 pelaku usaha yang telah melaporkan dampak dari peristiwa kebakaran tersebut.

"Untuk jumlah pelapor sebanyak 145 pelaku usaha. Kerugian yang dicatat saat ini, belum termasuk Cinema 21 dan Variety," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini juga tengah melakukan komunikasi dengan pihak manajemen pusat perbelanjaan tersebut untuk menyandingkan data jumlah pelaku usaha yang ada di pusat perbelanjaan itu.

"Kami sudah bertemu, dalam konteks menyandingkan data pelaku usaha. Sementara untuk Variety dan Cinema 21 belum," ujarnya.

Berdasarkan data yang diterima BPBD Kota Malang, nilai kerugian dari setiap pelaku usaha yang dilaporkan berkisar mulai dari Rp6 juta hingga Rp7 miliar. Pusat perbelanjaan itu, merupakan salah satu sentra penjualan telepon seluler dan barang elektronik di Kota Malang.

Pusat perbelanjaan Malang Plaza terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Pusat perbelanjaan tersebut merupakan salah satu sentra jual beli telepon genggam dan juga terdapat ritel pakaian dan bioskop.

Berdasarkan data sementara, di pusat perbelanjaan itu ada kurang lebih sebanyak 63 unit kios yang terbakar, selain juga area pusat perbelanjaan pakaian, bioskop dan tempat berjualan makanan atau pujasera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper