Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Khofifah Angkat Suara Soal Stok Bahan Pokok, Begini Penjelasannya

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat kelompok bahan makanan dan energi telah memicu inflasi Jatim pada Maret 2023 yang tercatat sebesar 0,39 persen.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melakukan sidak di Pasar Kolpajung -Pamekasan./Dok. Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melakukan sidak di Pasar Kolpajung -Pamekasan./Dok. Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan harga bahan pokok hingga momen Lebaran akan tetap stabil termasuk dengan pasokan bahan pangan yang cukup.

Dia mengatakan, dari hasil pantauan dan sidak yang dilakukan sejauh ini, suplai bahan pokok termasuknya harganya masih tergolong aman sehingga masyarakat tidak kesulitan mencari bahan pokok.

"Menjelang Hari Raya Idul Fitri dan menyongsong cuti bersama libur Lebaran, Insya Allah suplai logistik aman, proses distribusi aman dan banyak harga yang sudah sesuai HET," ujarnya dikutip dalam rilis, Senin (3/4/2023).

Dia mengatakan, seperti sidak yang telah dilakukan di Pasar Kolpajung Pamekasan Madura pada 3 April 2023 merupakan bagian dari langkah Pemprov guna melakukan pemantauan ke banyak pasar.

“Pasar di Kolpajung ini agak spesifik karena ditemukan banyak pedagang yang menjual beras jenis premium dengan harga yang sedikit lebih tinggi di atas Rp12.000. Kondisi ini berbeda dengan pasar tradisional lain yang selalu menyiapkan beras medium dan premium," ujarnya. 

Untuk itu, Khofifah meminta kepada pedagang agar menjual beras di beberapa segmen baik medium dan premium guna memperluas jangkauan daya beli masyarakat di Pamekasan. 

“Saya minta kepada ak wabup agar berkoordinasi dengan Bulog, agar pedagang juga menjual beras medium sehingga banyak pilihan yang sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat," ujarnya. 

Berdasarkan pantauan Pemprov Jatim di sejumlah pasar tradisional beberapa pekan ini, harga bahan pangan menjelang Lebaran ini juga cenderung stabil, misalnya seperti daging sapi sekitar Rp. 100.000-110.000/ atau  jauh di bawah HET yang mencapai Rp140.000.

Sedangkan harga daging ayam potong Rp36.000 - Rp37.000/kg, sesuai dengan HET Rp36.750/kg. Selain itu, komoditas lain yang harganya juga sesuai dengan HET yakni gula, minyak goreng, bawang dan cabai.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat kelompok bahan makanan dan energi telah memicu inflasi Jatim pada Maret 2023 yang tercatat sebesar 0,39 persen (month to month/mtm).

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan secara year on year (yoy), pada Maret 2023 Jatim telah mengalami inflasi sebesar 6,13 persen, dan secara year to date (ytd) atau Maret 2023 terhadap Desember 2022 telah mengalami inflasi sebesar 0,86 persen.

“Pada Maret ini inflasi pada kelompok energi itu meningkat menjadi 17 persen dari sebelumnya atau Februari 2023 inflasi kelompok energi sebesar 16,78 persen. Kemudian, didorong juga oleh kelompok bahan makanan yang pada Maret, kelompok ini mengalami inflasi 6,67 persen, turun dibandingkan bulan sebelumnya 7,32 persen,” jelasnya dalam paparan BRS, Senin (3/4/2023).

Dia menjelaskan, dari delapan kota yang melakukan penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jatim, seluruhnya mengalami inflasi, tertinggi terjadi di Sumenep 0,67 persen (mtm), dan terendah terjadi di Kediri 0,25 persen dan Madiun 0,25 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper