Keyakinan Konsumen di Malang Terus Meningkat

Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi masih berada pada level optimis (indeks 100).
Pengunjung memilih barang di salah satu outlet di pusat perbelanjaan./Bisnis-Himawan L Nugraha.
Pengunjung memilih barang di salah satu outlet di pusat perbelanjaan./Bisnis-Himawan L Nugraha.

Bisnis.com, MALANG — Keyakinan konsumen di wilayah kerja Bank Indonesia Malang pada Januari 2023 terus meningkat mengacu Survei Konsumen Bank Indonesia Malang.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengatakan hasil survei pada Januari 2023 itu mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat. “Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2023 tercatat sebesar 153,75 menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 137,67,” katanya, Kamis (2/2/2023).

Dengan demikian, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi masih berada pada level optimis (indeks > 100). Kenaikan IKK didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE), ujar dia, tercatat sebesar 143,17 meningkat dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 125,33.

Peningkatan IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya yaitu Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja, Indeks Penghasilan Saat Ini dan Indeks Pembelian Durable Goods.

Peningkatan tersebut, menurut Samsun, sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan meningkatnya mobilitas masyarakat yang didorong ketersediaan lapangan kerja.

Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya.

Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Januari 2023 tercatat sebesar 164,33 meningkat dari 150,00 pada bulan sebelumnya. Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan komponen penyusun IEK, terutama ekspektasi ketersediaan lapangan kerja.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper