Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Listrik Jatim Tumbuh 2,41 Persen

Peningkatan konsumsi listrik tertinggi terjadi Mojokerto meningkat 9,18 persen (yoy) dan UP3 Pasuruan 8,47 persen (yoy).
Ilustrasi konsumsi listrik di Kota Surabaya./Dok. PLN Jatim
Ilustrasi konsumsi listrik di Kota Surabaya./Dok. PLN Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mencatat tren konsumsi listrik di Jatim sepanjang semester I/2022 tercatat mencapai 19.858 GWh atau meningkat 2,41 persen (yoy).

General Manager PLN UID Jatim, Lasiran mengatakan peningkatan konsumsi listrik ini sejalan dengan adanya pemulihan ekonomi pasca pandemi. Peningkatan konsumsi listrik tertinggi terjadi di daerah berbasis industri seperti di wilayah UP3 Mojokerto meningkat 9,18 persen (yoy) dan UP3 Pasuruan 8,47 persen (yoy).

“Pertumbuhan konsumi listrik juga tampak terlihat dari golongan tarif industri yang mencapai 5,08 persen (Yoy) dan golongan tarif bisnis mengalami pertumbuhan konsumsi hingga 8,23 persen,” ujarnya, Senin (25/7/2022).

Dia menjelaskan pertumbuhan dari kedua sektor tersebut merupakan sinyal positif bahwa geliat ekonomi sudah mulai berjalan dan cenderung mengalami peningkatan produktivitas yang ditandai dengan peningkatan penggunaan listrik sebagai salah satu komponen utama dalam operasional.

Lasiran menambahkan selama ini PLN terus menggiatkan program electrifying lifestyle melalui penggunaan kendaraan listrik, kompor induksi serta membangun komunitas  dari PLN, mitra kerja dan masyarakat.

“Sejalan dengan upaya PLN untuk mendorong electrifying lifestyle, konsumsi listrik di pelanggan premium juga turut menyumbang pertumbuhan konsumsi, sedikitnya ada 1.114 pelanggan telah menggunakan layanan premium yang punya keandalan tinggi dan mutu pelayanan yang lebih baik,” ujarnya.

Sebelumnya, PLN UP3 Malang melaksanakan penandatangan untuk tiga layanan sekaligus di antaranya Renewable Energy Certificate (REC) Purchase Agreement, layanan Extra Daya dan Layanan Premium kawasan industri bersama dengan CV Unggul Putra Samudra, PT Arthawenasakti Gemilang dan Perumahan Griyatama Residence.

Penandatangan pelanggan premium kawasan industri CV Unggul Putra Samudra 10 pelanggan dengan total daya 2.963 kVA. Selain itu juga dilakukan penandatangan pelanggan premium pabrik pengolahan minyak bumi dengan daya 1.730 kVA di Bojonegoro. PLN juga berhasil mengakuisisi captive power 5 pelanggan dengan total penambahan sebesar 273,1 GWh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper