Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kediri Bakal Jadi Pusat Baru Pertumbuhan Ekonomi

Kediri bakal memiliki bandara kualifikasi bandara yang ultimate dan mampu didarati oleh Boeing 777.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  10:59 WIB
Kediri Bakal Jadi Pusat Baru Pertumbuhan Ekonomi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau progres pembangunan Bandara Dhoho Kediri di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022). - Antara/Asmaul.

Bisnis.com, KEDIRI - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau progres pembangunan Bandara Dhoho di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, guna mengetahui proses pembangunan dan rencana operasional.

"Dari awal tanahnya tidak beraturan sekarang sudah dilakukan secara masif dan saya sempat berkeliling dari udara. Saya melihat ini sangat membanggakan," kata Menhub saat di Bandara Dhoho Kediri, Minggu (17/7/2022).

Ia berterima kasih dengan Bupati Kediri serta jajaran direksi PT Gudang Garam Tbk serta seluruh yang terlibat dalam pembangunan Bandara Dhoho.

Bandara ini, kata dia, rencananya Oktober 2023 akan dipergunakan dan diharapkan konektivitas daerah di Kediri dan sekitarnya menjadi lebih baik.

"Apalagi runway yang dibuat sepanjang 3.300 meter. Itu adalah satu kualifikasi bandara yang ultimate dan mampu didarati oleh Boeing 777," kata dia.

Ia juga mengapresiasi pihak swasta yang turut serta membangun infrastruktur membantu pemerintah agar konektivitas bisa dilakukan.

"Ini bisa menjadi contoh bagi swasta lain, marilah bersama membangun fasilitas konektivitas udara, laut, darat, kereta api. Swasta join disini. Kami, Kemenhub sangat welcome dan akan memberikan suatu regulasi sebaik-baiknya," kata dia.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang juga mendampingi Menhub mengatakan Bandara Dhoho Kediri ini adalah bandara yang dibangun swasta pertama kali di Indonesia yang nantinya tetap di bawah PT Angkasa Pura.

Ia juga sudah mendapatkan arahan dari Menhub, bahwa Kediri akan menjadi episentrum baru, menjadi penyangga Jawa Timur.

Dirinya mengatakan ada istilah Sudirman raya, yakni Surabaya Raya. Untuk "Dir", harusnya Kediri Raya dan "Man" adalah Malang Raya.

"Malang Raya dan Surabaya Raya sudah terbentuk, tinggal Dir. Kediri Raya nanti akan terbentuk, harapannya ada beberapa konektivitas wilayah. Nanti ada beberapa prioritas dan akan kami diskusikan dengan Gudang Garam dan akan kami laporkan secara berkala ke Pak Menhub," kata Bupati.

Direktur PT Gudang Garam Tbk Istata Taswin Siddharta mengatakan perusahaan mengucapkan banyak dukungan dari semua pihak atas pembangunan bandara ini.

"Dari Gudang Garam mengucapkan terimakasih banyak dukungan dari semua pihak atas niat kami membuat, memajukan regional Jawa Timur dan Indonesia umumnya," kata Istata.

Menhub kunjungan ke area Bandara Dhoho Kediri di Kabupaten Kediri didampingi sejumlah pegawai Kementerian Perhubungan. Setelah mendengarkan paparan terkait dengan progres pembangunan bandara, Menhub juga meninjau dari darat pembangunan bandara tersebut. Setelahnya, Menhub kembali naik pesawat melanjutkan perjalanan ke Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kediri jatim

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top