Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kediri Bakal Jadi Pusat Baru Pertumbuhan Ekonomi

Kediri bakal memiliki bandara kualifikasi bandara yang ultimate dan mampu didarati oleh Boeing 777.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau progres pembangunan Bandara Dhoho Kediri di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022)./Antara-Asmaul.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau progres pembangunan Bandara Dhoho Kediri di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022)./Antara-Asmaul.

Bisnis.com, KEDIRI - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau progres pembangunan Bandara Dhoho di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, guna mengetahui proses pembangunan dan rencana operasional.

"Dari awal tanahnya tidak beraturan sekarang sudah dilakukan secara masif dan saya sempat berkeliling dari udara. Saya melihat ini sangat membanggakan," kata Menhub saat di Bandara Dhoho Kediri, Minggu (17/7/2022).

Ia berterima kasih dengan Bupati Kediri serta jajaran direksi PT Gudang Garam Tbk serta seluruh yang terlibat dalam pembangunan Bandara Dhoho.

Bandara ini, kata dia, rencananya Oktober 2023 akan dipergunakan dan diharapkan konektivitas daerah di Kediri dan sekitarnya menjadi lebih baik.

"Apalagi runway yang dibuat sepanjang 3.300 meter. Itu adalah satu kualifikasi bandara yang ultimate dan mampu didarati oleh Boeing 777," kata dia.

Ia juga mengapresiasi pihak swasta yang turut serta membangun infrastruktur membantu pemerintah agar konektivitas bisa dilakukan.

"Ini bisa menjadi contoh bagi swasta lain, marilah bersama membangun fasilitas konektivitas udara, laut, darat, kereta api. Swasta join disini. Kami, Kemenhub sangat welcome dan akan memberikan suatu regulasi sebaik-baiknya," kata dia.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang juga mendampingi Menhub mengatakan Bandara Dhoho Kediri ini adalah bandara yang dibangun swasta pertama kali di Indonesia yang nantinya tetap di bawah PT Angkasa Pura.

Ia juga sudah mendapatkan arahan dari Menhub, bahwa Kediri akan menjadi episentrum baru, menjadi penyangga Jawa Timur.

Dirinya mengatakan ada istilah Sudirman raya, yakni Surabaya Raya. Untuk "Dir", harusnya Kediri Raya dan "Man" adalah Malang Raya.

"Malang Raya dan Surabaya Raya sudah terbentuk, tinggal Dir. Kediri Raya nanti akan terbentuk, harapannya ada beberapa konektivitas wilayah. Nanti ada beberapa prioritas dan akan kami diskusikan dengan Gudang Garam dan akan kami laporkan secara berkala ke Pak Menhub," kata Bupati.

Direktur PT Gudang Garam Tbk Istata Taswin Siddharta mengatakan perusahaan mengucapkan banyak dukungan dari semua pihak atas pembangunan bandara ini.

"Dari Gudang Garam mengucapkan terimakasih banyak dukungan dari semua pihak atas niat kami membuat, memajukan regional Jawa Timur dan Indonesia umumnya," kata Istata.

Menhub kunjungan ke area Bandara Dhoho Kediri di Kabupaten Kediri didampingi sejumlah pegawai Kementerian Perhubungan. Setelah mendengarkan paparan terkait dengan progres pembangunan bandara, Menhub juga meninjau dari darat pembangunan bandara tersebut. Setelahnya, Menhub kembali naik pesawat melanjutkan perjalanan ke Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper