Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Bangun SKTT 150 kV Tambah Pasokan Listrik untuk Madura

Pembangunan ini dilakukan juga untuk mengurangi pembebanan transmisi eksisting dan untuk mengantisipasi pertumbuhan kelistrikan di wilayah Madura yang semakin tinggi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  19:11 WIB
Proses konstruksi SKTT 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan untuk menambah pasokan listrik wilayah Madura. - Dok. PLN Jatim
Proses konstruksi SKTT 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan untuk menambah pasokan listrik wilayah Madura. - Dok. PLN Jatim

Bisnis.com, SURABAYA — PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) membangun Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan untuk menambah pasokan listrik di wilayah Madura.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, mengatakan pembangunan SKTT 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan Sirkit 3 dan 4 sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di wiayah Madura.

“Pembangunan ini dilakukan juga untuk mengurangi pembebanan transmisi eksisting dan untuk mengantisipasi pertumbuhan kelistrikan di wilayah Madura yang semakin tinggi,” katanya, Jumat (27/5/2022).

Dia menjelaskan, tingginya pertumbuhan Konsumsi listrik di Madura ini juga seiring dengan kondisi dan situasi Covid-19 yang akan berubah status dari pandemi menjadi endemi.

“Kondisi kelistrikan di wilayah Madura saat ini saja disokong oleh 2 sirkit yakni Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Ujung/Kenjeran - SKTT 150 kV Suramadu 1 dan 2, dan SUTT 150 kV Bangkalan/Gilitimur yang pemakaiannya sudah hampir overload, yang mencapai beban puncak hampir 90 persen,” jelasnya.

Dia mengatakan, dengan dibangunnya sirkit 3 dan 4 ini diharapkan bisa menjadi upaya mitigasi untuk menjaga keberlangsungan pasokan dan meningkatkan keandalan kelistrikan, terutama jika terjadi gangguan di salah satu sirkit, maka sirkit lainnya dapat menopang tanpa mengalami pemadaman.

Adapun infrastruktur yang sedang dalam proses pembangunan ini nantinya akan memiliki panjang lintasan 39,247 kms yang direncanakan akan beroperasi pada 2023. 

Ramadhansyah menambahkan, saat ini pengerjaan SKTT 150 kV Kendinding - Tx Bangkalan Sirkit 3 dan 4 sudah dalam tahapan Boring Horizontal Directional Drilling. 

“Kami terus mengawal proses pengerjaannya, dan kami optimistis SKTT ini akan beroperasi sesuai dengan target waktu. Dengan penambahan suplai listrik ini diharapkan akan segera memperkuat kelistrikan di Madura dan sekitarnya,” imbuhnya.

Executive VP Konstruksi Jawa, Madura, Bali, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (MKJ) PLN, Ratnasari Sjamsuddin menambahkan, proses pembangunan  SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 ini telah mendapat dukungan dari Kementrian PUPR serta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) terutama dalam proses penerbitan perijinan.

“Diharapkan SKTT ini dapat beroperasi sesuai target waktu yang ditetapkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN jatim madura
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top