Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keyakinan Konsumen di Malang Terus Menguat pada April

Peningkatan IKE dipengaruhi kenaikan komponen pembentuknya yaitu penghasilan saat ini, pembelian durable goods, dan ketersediaan lapangan kerja.
Pejalan kaki melintas di depan patung Tiga Singa./Antara-Ari Bowo Sucipto.
Pejalan kaki melintas di depan patung Tiga Singa./Antara-Ari Bowo Sucipto.

Bisnis.com, MALANG — Optimisme konsumen di Kota Malang terhadap kondisi ekonomi pada April terus menguat mengacu Survei Konsumen Bank Indonesia Malang.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengatakan hasil survei itu mengindikasikan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2022 tercatat sebesar 119,83 menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 109,83. “Dengan begitu keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi kembali berada pada level optimistis (indeks > 100),” ujarnya, Senin (9/5/2022).

Kenaikan IKK didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). IKE saat ini tercatat sebesar 96,67 lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 82,17.

Peningkatan IKE, kata dia, dipengaruhi kenaikan komponen pembentuknya yaitu penghasilan saat ini, pembelian durable goods, dan ketersediaan lapangan kerja.

Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat seiring meningkatnya laju vaksinasi Covid-19. Meningkatnya ketersediaan lapangan pekerjaan, menurut Samsun, mengindikasikan bahwa kegiatan ekonomi di masyarakat mulai membaik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, di samping itu responden Survei Konsumen pada April 2022 di kota Malang juga mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan penghasilan disertai peningkatan pembelian durable goods.

“Hal ini mengindikasikan bahwa proses pemulihan ekonomi ke arah membaik,” ucapnya.

Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, dia menilai, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya, hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) April 2022 tercatat sebesar 143,00 meningkat dari 137,50 pada bulan sebelumnya.

Optimisme IEK dipengaruhi oleh terjaganya ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper