Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KSAD Dudung Abdurachman Beri Tips Jadi Pemimpin Sukses

Adik-adik mahasiswa ke depan adalah calon pimpinan pimpinan.
KSAD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman,bertukar cinderamata dengan Rektor UB,  Prof.  Nuhfil Hanani AR, pada Kuliah Tamu Ketahanan Nasional di hadapan seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya di Gedung Widyaloka, Rabu (2/2/2022)./Istimewa
KSAD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman,bertukar cinderamata dengan Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani AR, pada Kuliah Tamu Ketahanan Nasional di hadapan seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya di Gedung Widyaloka, Rabu (2/2/2022)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, menegaskan untuk mempertahankan sebuah negara seorang pemimpin harus berani mengambil risiko.

"Kalau mengambil sebuah keputusan hasilnya benar berarti itu keputusan yang tepat. Kalau salah, berarti lebih baik daripada tidak berani mengambil risiko sama sekali," katanya pada Kuliah Tamu Ketahanan Nasional di hadapan seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya di Gedung Widyaloka, Rabu (2/2/2022)

Menurut dia, pertahanan keamanan negara merupakan faktor hakiki. Tanpa mampu mempertahankan diri terhadap ancaman, negara tidak dapat mempertahankan hidupnya.

“Pertahanan negara bukan milik TNI semata. Pertahanan negara punya bangsa Indonesia,” ucapnya.

Dia juga memberikan tiga tips kepada mahasiswa UB menjadi pemimpin sukses, yakni lupakan masa lalu, lakukan yang terbaik hari ini, dan memperjuangkan cita-cita dan harapan.

"Adik-adik mahasiswa ke depan adalah calon pimpinan pimpinan yang nantinya akan menggantikan rektor dan dekan sehingga harus punya imajinasi, inovasi, serta visi dan misi. Harus punya cita-cita dan harapan yang harus diperjuangkan," katanya.

Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani AR., mengungkapkan tips kepemimpinan yang disampaikan oleh Jenderal Dudung sangat aplikatif.

Dia berharap dengan wawasan yang diberikan Jenderal Dudung, mahasiswa UB mampu menjadi lulusan yang tangguh dan pintar.

"Dengan kuliah tamu ini semoga mahasiswa mempunyai tambahan pengetahuan di bidang kepemimpinan. Meskipun Jenderal namun paparannya yang diberikan sangat akademis," katanya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper