Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Pandemi, UMKM e-Commerce di Kota Malang Tumbuh 123 Persen

Tahun ini Kota Malang bersama Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Blitar dinilai Kemenko Perekonomian memiliki kinerja terbaik untuk wilayah Jawa Bali dalam rangka mengendalikan inflasi.
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) dan Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho menandatangani  nota kesepakatan bersama sebagai upaya optimalisasi strategi pengendalian inflasi daerah di Surabaya, Selasa (14/9/2021)./Istimewa
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) dan Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho menandatangani nota kesepakatan bersama sebagai upaya optimalisasi strategi pengendalian inflasi daerah di Surabaya, Selasa (14/9/2021)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Sektor UMKM berbasis e-commerce di Kota Malang berhasil tumbuh 123 persen selama masa pandemi dibandingkan sebelum Covid.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan perekonomian berbasis digital akan terus tumbuh meski pada masa pandemi seperti sekarang ini. Sektor UMKM berbasis e-commerce tumbuh dan berkembang pesat semasa pandemi. Pertumbuhannya sekitar 123 persen.

"Ini harus kita dukung dan fasilitasi," katanya pada keterangan resminya, Selasa (14/9/2021). Pernyataannya disampaikan pada penyerahan penghargaan atas keberhasilan TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik se Jawa Bali tahun 2021 di Surabaya, Selasa (14/9/2021).

Predikat Kota Malang menjadi kota dengan kinerja TPID terbaik tersebut diberikan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI kepada Kota Malang karena mampu mengendalikan inflasi utamanya di masa-masa pandemi Covid 19.

“Tahun ini Kota Malang bersama Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Blitar dinilai Kemenko Perekonomian memiliki kinerja terbaik untuk wilayah Jawa Bali dalam rangka mengendalikan inflasi, " ujarnya.

Kinerja TPID Kota Malang yang baik itu, kata dia, harus mampu dipertahankan agar kedepannya pertumbuhan perekonomian di Kota Malang semakin stabil. Kota Malang adalah kota metropolitan sehingga pertumbuhan perekonomian akan semakin meningkat dari hari ke hari. Terlebih lagi saat ini UMKM di Kota Malang sudah merambah ke dunia e-commerce.

Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kabupaten Blitar menandatangani nota kesepakatan bersama sebagai upaya optimalisasi strategi pengendalian inflasi daerah.

Nota kesepakatan bersama tersebut ditandatangani langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji dan Bupati Blitar Rini Syarifah untuk nantinya dijadikan pedoman bersama dalam menjalin kerja sama pada masa mendatang. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper