Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sampang Perluas Pertanaman Porang Percontohan

Selain karena memiliki nilai ekonomi tinggi, tanaman pengembangan budi daya porang ini, juga dimaksudkan untuk mendukung gerakan peningkatan ekspor pertanian.
Dokumen tanaman porang./Antara-Abd Aziz)
Dokumen tanaman porang./Antara-Abd Aziz)

Bisnis.com, SAMPANG - Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur menyediakan lahan seluas 27 hektare untuk budi daya pengembangan tanaman porang dan lahan itu sebagai pusat percontohan bagi petani yang bersedia mengembangkan budi daya jenis tanaman umbi-umbian tersebut.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan di Sampang, Senin (14/9/2021), langkah itu dilakukan untuk mendorong para petani di wilayah itu tertarik menanam porang, mengingat komunitas ini termasuk salah satu komoditas pertanian yang dinilai bernilai ekonomi.

"Nilai ekonomi tanaman porang ini tinggi, karena sangat dibutuhkan di luar negeri," kata Yuliadi.

Oleh karenanya, sambung dia, Pemkab Sampang berkepentingan agar petani di Sampang mulai menanam jenis tanaman umbi-umbian tersebut.

Selain karena memiliki nilai ekonomi tinggi, tanaman pengembangan budi daya porang ini, juga dimaksudkan untuk mendukung gerakan peningkatan ekspor pertanian atau Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks), yakni program Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia dalam rangka mendorong roda perekonomian para petani.

"Dari sisi ekonomi porang ini sangat menguntungkan, tinggal bagaimana petani bisa serius membudidayakan Porang tersebut, dan salah satu upaya pemkab dengan menyediakan lahan yang nantinya bisa dikelola oleh petani yang bersedia membudidaya tanaman porang tersebut," katanya.

Selain menyediakan lahan khusus untuk pengembangan budi daya porang itu, Pemkab Sampang juga akan menyediakan tim khusus untuk melakukan pembinaan, terkait teknik penanaman dan perawatan porang.

"Ini dilakukan, agar produk dan kualitasnya lebih maksimal termasuk daya saing pangsa pasar ekspor, karena porang ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat di luar negeri, seperti Jepang dan Vietnam," katanya.

Sebelumnya, saat menyampaikan sosialisasi tentang potensi ekonomi tanaman porang di Pendopo Pemkab Sampang Direktur Utama Porang Mulya Indonesia Donny Mahendra menyatakan, jenis tanaman ini bisa hidup di daerah yang kekurangan air, termasuk perbukitan.

"Madura, termasuk Sampang sangat cocok untuk jenis tanaman ini," kata Mahendra.

Selain Sampang, kabupaten lain yang menyediakan lahan khusus untuk pengembangan budi daya porang di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep, yakni sebanyak 47 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper