Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umbi Porang dan Kulit Manggis Bahan Makanan Cegah Diabetes

Kasus diabetes anak pada 2023 meningkat 70 kali lipat sejak 2010. Lonjakan kasus tersebut merupakan alarm bagi semua pihak.
Bahan baku umbi porang siap diproses menjadi tepung glukomana./Bisnis-Nancy Junita
Bahan baku umbi porang siap diproses menjadi tepung glukomana./Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, MALANG — Umbi porang dan kulit manggis merupakan bahan makanan yang dapat dipertimbangkan dikonsumsi untuk mencegah dan aman bagi penderita diabetes karena kandungan yang glikemik yang rendah pada porang dan kulit manggis mempertahankan insulin dalam tubuh.

Tim mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengembangkan snack bar rendah gula sebagai alternatif makanan bagi penderita diabetes dengan menggunakan bahan tersebut.

Ketua Tim, Maharani Dewi Wulan Suryaningsih, mengatakan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan kasus diabetes anak pada 2023 meningkat 70 kali lipat sejak 2010. “Lonjakan kasus tersebut merupakan alarm bagi semua pihak untuk mengatasi ancaman penyakit berbahaya ini,” ujarnya, Selasa (8/8/2023).

Terdapat dua kondisi diabetes yang dapat dialami oleh individu, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Adapun diabetes tipe 1 mayoritas dialami oleh mereka yang masih usia anak-anak. 

Upaya mencegah perluasan diabetes, dengan makanan yang tepat, makanan yang sekaligus dapat mencegah diabetes meski dikonsumsi sehari-hari. Snack bar tersebut direkomendasikan bagi penderita diabetes berbahan dasar umbi porang yang menjadi salah satu komoditas yang banyak ditemui di Indonesia.

Menurut dia, umbi porang (Amorphophallus oncophyllus) memiliki Indeks Glikemik yang rendah yaitu 16,9 persen. Selain itu memiliki kandungan glukomanan yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis umbi lainnya, yakni mencapai 65 persen. Glukomanan pada umbi porang berperan dalam penurunan gula darah, menghambat penyerapan kolesterol dan glukosa serta mengurangi obesitas.

Selain umbi porang, kata dia, terdapat bahan lainnya seperti kulit bagian dalam buah manggis, yang ternyata memiliki manfaat untuk mempertahankan insulin pada tubuh.

Apalagi mengingat peran utama insulin yaitu untuk membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah sekaligus mengelola glukosa sebagai sumber energi melalui sel otot, lemak dan hati.

“Masih sedikit masyarakat yang mengetahui kulit manggis memiliki efek hipoglikemik karena memiliki senyawa yang dapat digunakan sebagai anti diabetes yakni senyawa golongan xanthone yang dapat menstimulasi sekresi dan mempertahankan sejumlah sel insulin. Kulit manggis mengandung xanthone sebanyak 107,76 mg dan xanthone tidak ditemukan pada buah-buahan lain” ujarnya.

Dalam pengolahannya snack bar itu, umbi porang dan kulit manggis diolah terlebih dahulu menjadi tepung. Kemudian tepung umbi porang dan kulit manggis dicampur menjadi satu dalam perbandingan takaran tertentu, lalu diolah menjadi snack bar pada umumnya.

Selain bertujuan untuk mencegah penyakit diabetes di masyarakat, dia menegaskan, tim mahasiswa UMM ini juga memiliki misi khusus, yakni meningkatkan komoditas porang yang ada di Indonesia. Apalagi melihat realita bahwa Indonesia menjadi pemasok porang urutan ke-5 di dunia.

Dia dan teman-temannya berharap, masyarakat bisa lebih memperhatikan kualitas serta kandungan makanan yang dikonsumsi. Masyarakat harus paham bahwa apa yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Begitupun dengan para pelaku industri yang harus memikirkan efek dari produk makanan yang dibuat. “Alangkah lebih bijak jika pelaku industri menciptakan makanan yang sehat, bukan hanya fokus pada junk food,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler