Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Percepat Vaksinasi Pekerja Industri Padat Karya, 5 Daerah Jadi Sasaran

Pekerja merupakan tulang punggung keluarga, sementara industri merupakan tulang punggung ekonomi. Dengan pekerja dan lingkungan industri yang bebas dari Covid-19, sektor ekonomi di Jatim diharapkan bisa terus berjalan
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mempercepat program vaksinasi bagi kalangan industri padat karya terutama daerah yang menjadi episentrum Covid-19 di Jatim.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo mengatakan wilayah yang menjadi daerah prioritas pelaksanaan vaksinasi industri ini di antaranya seperti Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan.

“Pilihan ini adalah pilihan di mana kita melihat bahwa ini adalah circle pekerja yang paling banyak di wilayah episentrum penyebaran Covid-19. Di Surabaya sudah sangat bagus, lalu Gubernur minta mencari lokasi di Gresik, Sidoarjo, Mojokerto lalu Pasuruan,” ujarnya, Jumat (13/8/2021).

Dia menjelaskan vaksinasi bagi pekerja industri terutama padat karya ini dilakukan melalui kerja sama dengan Serikat Pekerja (SP) atau Serikat Buruh (SB) dengan target vaksinasi sebanyak 27.000 orang.

“Namun ternyata jumlah vaksinasi kita berkembang karena vaksin ini tidak hanya melibatkan pekerja di lingkungan dalam industri tetapi akhirnya juga melibatkan masyarakat sekitar industri, jadi semua gotong royong, dan vaksin disediakan oleh Pemprov,” imbuhnya.

Adapun hingga saat ini pekerja yang mengajukan vaksinasi melalui SP/SB tercatat mencapai 44.999 orang. Dari jumlah itu yang telah terealisasi vaksinasi sebanyak 24.849 orang.

Secara rinci, pelaksanaan vaksinasi di PT Integra Indocabinet – Sidoarjo pada 24 - 27 Juli 2021 sebanyak 10.000 dosis, terdiri dari 8.500 pekerja industri padat karya dan 1.500 warga di sekitar perusahaan. 

Pelaksanaan vaksinasi di PT Karunia Alam Segar (KAS) – Gresik pada 31 Juli - 4 Agustus 2021 sebanyak 7.500 dosis, terdiri dari 6.500 pekerja PT KAS ditambah 1.000 pekerja yang berasal dari industri lainnya di Gresik.

Sementara vaksinasi di Maspion Group – Sidoarjo pada 7 - 10 Agustus 2021 sebanyak 7.500 dosis, terdiri dari 6.000 pekerja Maspion Group ditambah 1.500 pekerja dari industri lainnya.

Himawan menambahkan pada 14 - 16 Agustus mendatang, rencananya vaksinasi pekerja industri akan dilakukan di PT Ajinomoto - Mojokerto dengan sasaran sebanyak 7.500 pekerja industri padat karya di sekitar Mojokerto.

“Pekerja merupakan tulang punggung keluarga, sementara industri merupakan tulang punggung ekonomi. Dengan pekerja dan lingkungan industri yang bebas dari Covid-19, sektor ekonomi di Jatim diharapkan bisa terus berjalan,” imbuhnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper