Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelajar SD-SMP Surabaya Kumpulkan Donasi Covid-19

Bantuan yang diberikan para siswa ini beragam mulai dari mi instan, minyak goreng, gula, beras, minuman teh, susu dan lainnya
Donasi penunjang Covid-19 di Surabaya./dok. Pemkot Surabaya
Donasi penunjang Covid-19 di Surabaya./dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Ratusan pelajar SD hingga SMP di Kota Surabaya dalam beberapa hari terakhir ini tergerak untuk ikut mengumpulkan donasi guna menangani pandemi Covid-19 di Kota Pahlawan.

Beberapa sekolah yang turut terpanggil dalam gerakan ‘Surabaya Memanggil’ itu di antaranya seperti pelajar dari SD Negeri 1 Airlangga dan SMP Negeri 1 Surabaya. Pelajar tersebut bersama dengan orang tuanya datang silih berganti datang ke sekolah untuk mengumpulkan bantuannya dan disalurkan melalui Pemkot Surabaya.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Airlangga, Materai Faridhin mangatakan melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar dapat menumbuhkan kepedulian dan rasa empati sejak dini kepada lingkungan sekitarnya, terutama bagi warga yang terdampak Covid-19.

“Jadi sebelumnya kami membuat edaran melalui grup Whatsapp kalau kami mau menampung bantuan/sumbangan bagi anak-anak yang ingin berdonasi untuk Surabaya Memanggil, ternyata ada tanggapan baik dari para wali murid,” katanya dikutip dalam rilis, Rabu (4/8/2021).

Dia mengatakan bantuan yang diberikan para siswa ini beragam mulai dari mie instan, minyak goreng, gula, beras, minuman teh, susu dan lainnya. Materai menjelaskan setiap kelas sudah mendapatkan jadwal penyaluran yang ditentukan oleh para pendidik agar tidak menimbulkan kerumunan saat mengumpulkan donasi.

“Jadi kita lakukan pengumpulan donasi ini selama 2 minggu supaya tidak bergerombol dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.

Ketua Komite SD Negeri Airlangga 1 Agil Torresia Nirwanasari menambahkan, pihaknya mendukung upaya sekolah untuk menumbuhkan empati terhadap anak-anak. Oleh sebab itu, ia bersama para pengurus komite yang lainnya akan tetap mendukung penuh berbagai kegiatan sosial yang diselenggarakan di sekolah.

“Apalagi untuk mengatasi persoalan Covid-19. Kami juga kerap melakukan kegiatan yang sifatnya sosial, jadi kapan pun ada kegiatan ini kami siap membantu,” katanya.

Salah seorang siswi kelas 6 SD, Natalia Wahyu Putri mengatakan senang dapat menjadi bagian dalam membantu Kota Surabaya. Ia pun mengajak agar seluruh pelajar se-Surabaya ikut berperan dalam menekan laju penyebaran Covid-19 dengan cara menyisihkan rezekinya untuk warga yang terdampak Covid-19. 

“Teman-teman ku di Surabaya, ayo berdonasi ini bermanfaat lho untuk kita semua, kita saling berbagi membantu sesama,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper