Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Jatim Mulai Bangun Penyulang Baru 47 Kilometer di Jember

Pembangunan penyulang baru tersebut dilakukan untuk perbaikan tegangan ujung dan mengurangi susut jaringan, serta mendukung peningkatan perekonomian di sektor industri.
Ilustrasi./JIBI-Paulus Tandi Bone
Ilustrasi./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur melakukan investasi dengan membangun penyulang listrik baru sepanjang 47 kilometer sirkuit (kms) dan Gardung Hubung (GU) Mayang di wilayah PLN UP3 Jember.

Manager UP3 Jember, Hamzah mengatakan pembangunan penyulang baru tersebut dilakukan untuk perbaikan tegangan ujung dan mengurangi susut jaringan, serta mendukung peningkatan perekonomian di sektor industri.

“Pembangunan Infrastruktur kelistrikan ini diharapkan bisa melayani pelanggan terutama pelanggan premium atau sektor industri di wilayah Kalisat dan sekitarnya,” jelasnya, Rabu (16/6/2021).

Dia menjelaskan proyek pembangunan penyulang baru ini nantinya akan memasok listrik sebanyak 4.625 pelanggan baru dengan daya 900 VA. Sebelumnya, di wilayah Kalisat dan sekitarnya ini hanya dilayani oleh penyulang Kalisat dengan tegangan ujung 17,2 kV dan penyulang Gumitir 14,4 kV.

“Pengerjaan proyek pembangunan penyulang baru ini akan berlangsung selama 4 bulan, dan kami bekerja sama dengan Dinas PU Jember, Polres Jember, juga kelurahan setempat,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam menjalankan proyek ini diperlukan koordinasi dan sinergi dengan pihak-pihak eksternal agar tidak ada kendala teknis, sebagai contoh dalam pengerjaan penanaman tiang di badan jalan raya.

Adapun hingga Mei 2021, tercatat panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) PLN UID Jatim mencapai 40.685,2 kms, dan panjang Jaringan Tegangan Rendah (JTR) mencapai 76.898 kms dan gardu trafo sebanyak 67.167 buah yang melayani 12.602.135 pelanggan di seluruh Jatim.

“Untuk rencana penyulang baru tahun ini ada Penyulang Arabika di UP3 Surabaya Utara sepanjang 1,55 kms, penyulang untuk pembebanan Gardu Induk New Porong UP3 Pasuruan 2,4 kms, dan penyulang Borang UP3 Gresik 1,3 kms,” imbuh A Rasyid Naja selaku Senior Manager General Affairs PLN UID Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper