Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surabaya Optimistis Punya Potensi Pemulihan Ekonomi Lebih Cepat

Pada kuartal I tahun 2021, pertumbuhan ekonomi sudah menunjukkan tren yang membaik dan akan terus di dorong mencapai 6,3 sampai dengan 6,8 persen di akhir 2021.
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi./Antararn
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi./Antararn

Bisnis.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi optimistis Surabaya memiliki potensi kecepatan dalam pemulihan ekonomi karena adanya sejumlah infrastruktur yang mendukung pengembangan usaha.

Eri mengatakan saat ini memang masih banyak tantangan yang dihadapi dunia usaha di masa pandemi, seperti pola hidup baru, pemanfaatan teknologi digital hingga perubahan atau transformasi struktur perekonomian.

“Namun saya yakin Surabaya punya potensi pemulihan ekonomi yang lebih cepat karena memiliki letak posisi yang sangat strategis, juga infrastruktur yang mendukung misalnya adanya pelabuhan, bandara, juga masifnya pembangunan jalan dan saluran utilitas,” ujarnya, Senin (31/5/2021).

Dia mengatakan di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728 ini, diharapkan Kota Surabaya bisa melewati pandemi Covid-19 dan kasusnya diharapkan semakin menurun agar ekonomi semakin bergerak lebih pesat.

“Keduanya bagaikan pedang bermata dua, yang sama-sama harus bergerak. Ekonomi harus berjalan tetapi pandemi harus turun,” imbuhnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini telah membawa dampak yang sangat besar pada berbagai sektor kehidupan masyarakat, baik itu kesehatan, pendidikan, sosial budaya sampai dengan ekonomi. 

Di Kota Surabaya, Covid-19 setidaknya telah menginfeksi 23.962 jiwa, dan 1.371 di antaranya meninggal dunia. Pandemi juga membuat proses belajar mengajar selama lebih dari 1 tahun ini dilakukan secara daring/online, beberapa aktifitas kegiatan manusia dilakukan dengan pembatasan jumlah orang maupun dilakukan dari rumah.

Di sektor ekonomi, pandemi Covid-19 membuat perekonomian Surabaya mengalami perlambatan pertumbuhan bahkan terkontraksi. Pada 2020 lalu, pertumbuhan ekonomi Surabaya bahkan terkontraksi –4,85 persen, tingkat pengangguran terbuka menjadi 9,79 persen yang salah satu sebabnya dikarenakan adanya PHK sebagai akibat pandemi.

“Kenyataan ini harus kita hadapi dan menjadi cambuk bagi kita agar segera keluar dari pandemi Covid 19. Untuk itu, kita benar–benar harus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Meski begitu, lanjutnya, ekonomi Surabaya perlahan mulai pulih. Pada kuartal I tahun 2021, pertumbuhan ekonomi sudah menunjukkan tren yang membaik dan akan terus di dorong mencapai 6,3 sampai dengan 6,8 persen di akhir 2021. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper