Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasuruan akan Bangun Arjuno Agro Technopark di Purwosari

Lokasi Arjuno Agro Technopark cukup strategis karena berada di ketinggian 700 mdpl.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  21:45 WIB
Kawasan UPTD Budidaya Ternak di Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan yang akan disulap menjadi Arjuno Agro Technopark. - Istimewa
Kawasan UPTD Budidaya Ternak di Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan yang akan disulap menjadi Arjuno Agro Technopark. - Istimewa


Bisnis.com, PASURUAN — Pemkab Pasuruan akan membangun Arjuno Agro Technopark, kawasan eco dan eduwisata, pendidikan dan pelatihan (diklat), pusat penelitian, serta budi daya ternak, yang sebelumnya berupa UPTD Budidaya Ternak di Dusun Kucur, Desa Sumberrejo, Kecamatan Purwosari.

Bupati Pasuruan M. Irsyad Yusuf mengatakan kegiatan di UPTD Budidaya Ternak selama ini budi daya ternak dan pembibitan saja. “Karena itulah, kami akan memaksimalkan dengan menjadikan Arjuno Agro Techno Park,” katanya di Kab. Pasuruan, Kamis (25/3/2021).

Lokasi Arjuno Agro Technopark, kata dia, cukup strategis karena berada di ketinggian 700 mdpl. Dengan udara yang sejuk dan luasan lahan yang mencapai sekitar 20 hektare, tempat itu cocok menjadi tujuan pariwisata yang bisa mengungkit perekonomian di sekitar lokasi maupun PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Pasuruan.

Selama ini, UPTD Budidaya Ternak hanya dimanfaatkan untuk budi daya ternak sapi seperti limosin, simental, perah dan peranakan unggul, serta aneka jenis kambing jenis di antaranya etawa, sanen dan gibas.

Menurut dia, setiap tahun Pemkab Pasuruan selalu mengalokasikan anggaran tak kurang dari Rp1 miliar untuk operasional UPTD Budidaya Ternak. Dana sebesar itu diperuntukkan pembelian pakan ternak dan lainnya.

Namun dalam perkembangan terakhirnya, tempat ini tidak banyak memberikan keuntungan sehingga tercetus ide untuk mendesain ulang UPTD Budidaya Ternak menjadi Arjuno Agro Technopark.

Untuk mendukung pembentukan Arjuno Agro Technopark, dia menegaskan, Pemkab Pasuruan pada tahun ini telah menyiapkan anggaran sekitar Rp2 miliar. Dana sebenanyak itu akan dipergunakan untuk pembangunan sarana prasarana pelatihan dan diklat.

"Saat ini masih dalam proses perencanaan administrasi. Nanti kalau sudah selesai proses lelang, maka dilanjutkan dengan pembangunannya," ucapnya.

Keberadaan Arjuno Agro Techno Park di sana yang juga difungsikan sebagai eduwisata cukup strategis karena didukung destinasi wisata alam, serta perkebunan durian, kopi, alpukat dan durian yang ada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Purwosari. (K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasuruan jatim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top