Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Malang Bakal Jadi Percontohan Vaksinasi Covid-19 Nasional

Pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Kota Malang terus bergulir.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  21:02 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji pada Sosialisasi Imunisasi dan Advokasi Imunisasi Covid-19 bagi para pemangku Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di Kota Malang, Selasa (23/2/2021). - Istimewa
Wali Kota Malang Sutiaji pada Sosialisasi Imunisasi dan Advokasi Imunisasi Covid-19 bagi para pemangku Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di Kota Malang, Selasa (23/2/2021). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Kota Malang akan menjadi pilot project pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara nasional karena pelaksanaan hingga pelaporan yang sesuai jadwal.

"Kota Malang rencana jadi pilot project vaksinator dari Kemenkes. Memang, kita siap, dan laporannya tertib, itu salah satunya. Terus, pengendaliannya (kasus Covid-19) juga cukup bagus," kata Wali Kota Malang Sutiaji pada Sosialisasi Imunisasi dan Advokasi Imunisasi Covid-19 bagi para pemangku Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di Kota Malang, Selasa (23/2/2021).

Dia menegaskan pula, pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Kota Malang terus bergulir. Berbagai upaya demi suksesnya program tersebut juga terus dilakukan Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang.

Dia juga menyampaikan motivasi kepada para peserta atas upayanya dalam mensukseskan vaksinasi di Kota Malang. "Selain itu, saya juga mengapresiasi mereka karena pemangku fasyankes dan vaksinator merupakan orang-orang yang beresiko tinggi sehingga patut kita apresiasi" ujarnya.

Plt Kepala Dinkes Kota Malang Sri Winarni mengungkapkan sosialisasi ini adalah bentuk koordinasi dan sinkronisasi untuk Fasyankes di Kota Malang yang ditunjuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Dia menegaskan, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama terhadap prioritas tenaga kesehatan (nakes) telah terselesaikan. Karena itulah, perlu didiskusikan terkait masukan pelaksanaan, ataupun hal lainnya berkaitan dengan vaksin Covid-19.

"Prinsipnya nanti semua warga itu akan di vaksin sehingga dengan durasi kedepan ini perlu koordinasi terkait dengan hal-hal pelaksanaan vaksinasi, semoga nanti ke depan dapat lebih lancar dan mencapai target," terangnya.

Durasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 masih cukup panjang hingga akhir tahun 2021 ini.

Seperti diketahui, di Kota Malang ada sebanyak 12.520 tenaga kesehatan yang menjadi prioritas pertama penerima vaksin Sinovac. Dengan jumlah tenaga kesehatan sebanyak itu, maka dibutuhkan 25.040 vial vaksin, untuk dua kali penyuntikan.

Kota Malang memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara serentak pada 28 Januari 2021. Pada pelaksanaan perdana, ada 11 tokoh yang mendapatkan vaksin Sinovac. Tokoh-tokoh tersebut diantaranya berasal dari pemuka agama, tenaga kesehatan, dan pengusaha muda. Sementara untuk pemberian dosis kedua vaksin Sinovac kepada para tenaga kesehatan yang ada di Kota Malang, mulai dilakukan pada 11 Februari 2021.(K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top