Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Wisata Jatim, Sabar Kunci Menemui Keindahan Kawah Ijen

Kawah ijen memiliki tiga sisi punggungan/lereng yang bisa diakses pengunjung. Dua lereng tinggi di bagian kanan dan kiri kawah, dan satu lereng datar di sisi selatan.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 28 November 2020  |  12:05 WIB
Pemandangan kawah Ijen dari lereng sebelah kanan. - Bisnis/Syaharuddin Umngelo
Pemandangan kawah Ijen dari lereng sebelah kanan. - Bisnis/Syaharuddin Umngelo

Bisnis.com, SURABAYA - Tips menikmati keindahan kawah Ijen adalah memiliki bekal sabar yang cukup. Rahasia itu dibagikan para joki troli yang ditemui Tim Jelajah Wisata Jatim-Bisnis Indonesia.

Kawah ijen memiliki tiga sisi punggungan/lereng yang bisa diakses pengunjung. Dua lereng tinggi di bagian kanan dan kiri kawah, dan satu lereng datar di sisi selatan.

Lereng tinggi tersebut jadi tempat paling ideal untuk melihat kawah dari ketinggian. Plus, lereng tinggi sebelah kanan bisa untuk berburu matahari terbit.

Hanya saja ujian menikmati keindahan itu kerap diselingi datangnya kabut. Mengingat pendakian kini baru bisa dilakukan pukul 03.00, tiba di puncak pukul 05.00-06.00, maka kabut menjadi sahabat yang lebih kerap muncul. Terlebih kini musim penghujan.

"Sabar saja mas, nanti pas terang, pemandangannya bagus," begitu kata seorang penarik troli saat merekomendasikan Tim Jelajah Jatim menaiki punggungan sebelah kanan. Tips tersebut terbukti.

Joki troli menunggu penumpang di seputaran kawah Gunung Ijen.

Sekitar sejam menikmati suasana di puncak Ijen, tim turun dengan pertimbangan agar tidak terhalang hujan. Ujian saat turun dari puncak juga harus dihadapi dengan sabar, karena langkah semakin kecil, dan fisik sudah lelah.

Ada baiknya membawa bekal makanan 'berat' saat ke kawah ijen. Sehingga energi saat mendaki dan turun tetap terjaga. Sebab kantin di tengah jalur pendakian hanya menyediakan mi instan gelas dan tidak ada alternatif makanan berat lain.

Tim Jelajah Wisata Jatim turun dari puncak 07.30 WIB dan tiba kembali ke parkiran sekitar pukul 09.00 WIB. Kami termasuk turun belakangan. Sebanyak 14 mobil yang saat berangkat terpakir rapi kini telah menghilang, melanjutkan ke destinasi lain.

Seperti diketahui, Banyuwangi maupun Bondowoso memiliki ratusan destinasi terusan yang bisa diakses selepas dari Gunung Ijen.

Adapun kegiatan Jelajah Wisata Jatim - Bisnis Indonesia didukung oleh : Bank Jatim, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim), PT Pertamina (Persero), Assa Rent, Polygon. Informasi kegiatan ini bisa dibaca pula di Bisnis.com.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata jatim Jelajah Jawa-Bali Jelajah Wisata Jatim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top