Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Positif Covid-19 di Ponpes Al Izzah, Wali Kota Jelaskan Penanganan Lanjutan

Kondisinya sehat untuk 31 orang yang terkonfirmasi positif.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko./Antara-Humas Setda Kota Batu
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko./Antara-Humas Setda Kota Batu

Bisnis.com, KOTA BATU - Sebanyak 31 orang penghuni "Al Izzah International Islamic Boarding School", Kota Batu, Jawa Timur, yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 akan menjalani tes usap atau swab test COVID-19 untuk tahap kedua.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa 31 orang yang merupakan santri, pengelola, serta karyawan di Pondok Pesantren Al Izzah yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, saat ini berada dalam kondisi sehat.

"Kondisinya sehat untuk 31 orang yang terkonfirmasi positif. Minggu ini akan menjalani tes kedua, mudah-mudahan hasilnya sudah negatif," kata Dewanti, di Kota Batu, Jawa Timur, Senin (21/9/2020).

Ia menjelaskan, seluruh santri dan penghuni Pondok Pesantren Al Izzah Kota Batu telah dilakukan pelacakan, dan menjalani tes usap, atau swab test. Saat ini, seluruh penghuni pondok pesantren tersebut dalam kondisi yang sehat.

Wali Kota Batu menambahkan, langkah untuk melakukan tes usap kepada seluruh penghuni Pondok Pesantren Al Izzah tersebut dikarenakan adanya jeda waktu pelaporan pada saat adanya kasus konfirmasi pertama terjadi di pondok tersebut.

Menurut Dewanti, hasil rapat bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kota Batu, sepakat untuk melakukan tes usap kepada seluruh penghuni Ponpes Al Izzah.

Saat ini, lanjut dia, di Pesantren Al Izzah Kota Batu tidak ada kegiatan belajar mengajar. Seluruh penghuni yang berada di pesantren tersebut fokus pada upaya pemulihan, dan menjaga kondisi imun tubuh.

"Sekarang tidak ada proses belajar mengajar, hanya kegiatan pemulihan kesehatan, termasuk olahraga dan lainnya," ujar Dewanti.

Pada akhir pekan lalu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batu menyatakan bahwa sebanyak 31 orang yang berada di Pesantren Al Izzah terkonfirmasi positif virus corona.

Kasus pertama yang terjadi di Pondok Pesantren Al Izzah tersebut terkonfirmasi pada 23 Agustus 2020. Saat itu, salah satu santri berinisial H, berusia 14 tahun, telah melaksanakan tes usap secara mandiri di National Hospital Surabaya, dengan hasil positif Covid-19.

Pada 28 Agustus 2020, santri berinisial H tersebut dinyatakan sembuh dengan hasil negatif tes usap Covid-19 untuk kali kedua. Pihak Pondok Pesantren Al Izzah melaporkan hal tersebut kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batu pada 30 Agustus 2020.

"Al Izzah International Islamic Boarding School" merupakan salah satu pondok pesantren besar yang ada di wilayah Kota Batu, Jawa Timur. Secara keseluruhan, ada kurang lebih 1.000 orang santri yang menimba ilmu di ponpes itu.

Hingga saat ini, di Kota Batu, ada sebanyak 401 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 29 orang dilaporkan meninggal dunia, 284 orang dinyatakan sembuh, dan sisanya berada dalam perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper