Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Malang Bentuk Satgas Recovery Ekonomi Daerah

Nanti dilihat apa yang perlu direstrukturisasi sektor-sektor mana yang harus dibangkitkan. Itu menjadi penanganan satuan tugas.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  17:45 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji pada rakor yang diikuti oleh perbankan, PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran ndonesia) Malang, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Malang, Senin (27/7/2020). - Bisnis/Choirul Anam
Wali Kota Malang Sutiaji pada rakor yang diikuti oleh perbankan, PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran ndonesia) Malang, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Malang, Senin (27/7/2020). - Bisnis/Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang membentuk Satgas Recovery Daerah untuk memulihkan pertumbuhan perekonomian Kota Malang di masa pandemi Covid-19.

Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan tim satgas ini sebagai salah satu upaya untuk memulihkan perekonomian di Kota Malang yang sejak kemunculan Covid-19 pada Maret 2020 lalu hingga saat ini masih belum stabil.

"Kami akan membentuk Satgas Recovery Ekonomi sesegera mungkin," ujarnya pada rakor yang diikuti oleh perbankan, PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Malang, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Malang, Senin (27/7/2020).

Dengan adanya rakor, maka nantinya akan ada pemetaan sektor mana saja yang siap mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.

"Nanti dilihat apa yang perlu direstrukturisasi sektor-sektor mana yang harus dibangkitkan. Itu menjadi penanganan satuan tugas," tandasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminurridho menilai pembentukan Satgas Recovery Ekonomi sebagai salah satu upaya untuk kembali memperluas sektor perekonomian khususnya di Kota Malang.

Nantinya, yang terlibat di dalamnya merupakan seluruh pelaku ekonomi di Kota Malang. "Satgas itu nanti mintanya dari BI ada, OJK juga ada dan yang lainnya. Istilahnya kalau kita menyebut itu pentahelix," paparnya.

Dia menegaskan bahwa salah satu sektor yang menjadi andalan Kota Malang, yakni di bidang jasa, termasuk juga sektor jasa pariwisata.

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri menegaskan dalam situasi pandemi, maka penanganan kesehatan dan ekonomi dua hal yang sama-sama penting dan berjalan seiring.

Pada momen tertentu, penanganan kesehatan perlu dipacu, pada momen lain sektor ekonomi perlu dipacu, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan karena masih di era pandemi.

OJK Malang mendorong perbankan, terutama BUMN, untuk dapat memacu penyaluran kredit agar sektor riil di wilayah kantor tersebut bisa tumbuh di era pandemi.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim kota malang
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top