Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengendalian Banjir Surabaya, Pengerjaan Rumah Pompa Petekan Rp40 Miliar Dikebut

Rumah pompa ini fungsinya seperti gravitasi, ketika elevansi permukaan air sungai tinggi, maka air kemudian akan dipompa menuju ke laut dan begitu pula sebaliknya.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  18:49 WIB
Rumah Pompa Petekan.
Rumah Pompa Petekan.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya mulai kebut proyek pembangunan Rumah Pompa Petekan senilai Rp40 miliar yang ditarget rampung pada Desember 2020.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Erna Purnawati mengatakan dengan rampungnya proyek tersebut diharapkan pada musim hujan berikutnya, sudah bisa dimanfaatkan.

"Jadi, kalau ada air pasang lagi nanti, diharapkan tidak sampai masuk ke kota ini, makanya kita tekankan tahun ini sudah harus beres,” katanya, Jumat (3/7/2020).

Dia menjelaskan Rumah Pompa Petekan tersebut dibangun dengan sistem buka tutup, sehingga perahu pelayaran bisa keluar masuk di Rumah Pompa Petekan itu. Selain itu, Rumah Pompa ini didesain heritage sehingga menjadi daya tarik wisata Sungai Kalimas.

"Rumah pompa ini fungsinya seperti gravitasi, ketika elevansi permukaan air sungai tinggi, maka air kemudian akan dipompa menuju ke laut dan begitu pula sebaliknya," jelasnya.

Erna menambahkan, Rumah Pompa Petekan ini merupakan proyek besar penanganan banjir di Kota Surabaya. Sarana pencegah banjir itu digadang-gadang menggantikan peran 20 rumah pompa di Surabaya Pusat dan Utara.

Adapun hingga saat ini proses pengerjaan Rumah Pompa Petekan tersebut sudah dalam tahap fabrikasi pintu air dan siap untuk dipasangkan. Nantinya akan ada 3 pompa dengan kapasitas 5 m3.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top