Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemda Diajak Bersiap Jalani New Normal Bertahap

Konsep new normal alias tatanan kehidupan baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  16:54 WIB
Ketua Umum APKASI yang merupakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Jumat, (6/3/2020). - Antara
Ketua Umum APKASI yang merupakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Jumat, (6/3/2020). - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menyebut sejak awal sudah mengajak daerah se-Indonesia untuk menyiapkan diri menyambut konsep new normal alias tatanan kehidupan baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan.

Ketua Apkasi, Abdullah Anzwar Anas mengatakan saat ini bisa dilihat bagaimana pandemi Covid-19 telah memukul sendi-sendi kehidupan masyarakat daerah, mulai dari aspek kesehatan sampai sosial-ekonomi.

"Jadi sekarang waktunya kita bersiap diri menyambut new normal secara bertahap, karena bagaimana pun, daerah-daerah harus bangkit berbenah kembali membangun kehidupan masyarakatnya," katanya kepada Bisnis, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, soal dampak dari pelaksanaan new normal life itu bergantung pada mitigasi dan kekuatan kolaborasi dengan rakyat untuk membangun kesadaran taat protokol kesehatan.

Apkasi sendiri, katanya, sudah memaparkan tiga prinsip tata kehidupan baru. Pertama, tetap memprioritaskan penanganan Covid-19 dengan terus memperbaiki berbagai mekanisme, mulai ketersediaan bed isolasi, alat-alat kesehatan, tracing, hingga mendukung langkah pemerintah pusat memperluas pengetesan berbasis PCR.

Kedua, disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 yakni dengan gencar menggelorakan protokol-protokol seperti cuci tangan pakai sabun, jaga jarak aman, memakai masker.

Dan ketiga, secara bertahap kembali memulihkan aktivitas keagamaan, ekonomi, dan pelayanan publik dengan menjadikan kesehatan dan kebersihan sebagai standar utama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim banyuwangi New Normal
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top