Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menyoal Angka Keberhasilan Penanganan Covid-19 di Surabaya

Pemkot Surabaya merilis telah melakukan tes swab 3.086 kali dengan hasil 2.118 positif Covid-19.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  11:43 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya memaparkan sejumlah data upaya penanganan virus corona sebagai respons cuitan dokter di salah satu rumah sakit yang mengkritik upaya mengerem Covid-19 di wilayah setempat.

Hanya saja rilis data tersebut bukan malah menunjukkan keberhasilan. Sebaliknya, data yang dipaparkan menunjukkan betapa tingginya penyebaran Covid-19 di Kota Pahlawan.

Pemkot Surabaya merilis telah melakukan tes swab 3.086 kali dengan hasil 2.118 positif Covid-19. Tidak dirinci periode tes dilakukan, termasuk apakah itu tes untuk deteksi perdana atau tes swab berulang bagi pasien dirawat.

Data gelondongan itu menunjukkan positive rate 68 persen. Positive rate didapatkan dari jumlah hasil positif dibagi jumlah kasus yang diperiksa spesimen. Sementara secara nasional positive rate 12,2 persen.

Hanya bedanya rilis data nasional bersifat harian, sedangkan Kota Pahlawan memaparkan data gelondongan tanpa keterangan periode.

Dari data yang dirilis melalui twitter Humas Pemkot Surabaya, dipersoalkan juga perbandingan antara jumlah tes cepat dengan hasil reaktif. Surabaya telah melakukan tes cepat ke 21.837 orang dan 2.129 dinyatakan positif. Tingkat positif dari tes cepat 9,74 persen.

Pertanyaan netizen atas publikasi Humas Pemkot Surabaya di-twitter tersebut belum direspons. Namun demikian, mereka menilai bila angka itu benar maka kasus di Surabaya yang belum terjangkau tes jauh lebih besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya jawa timur

Sumber : Twitter

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top